Kiai Munif Ajak Santri At-Taubah Perbanyak Istighfar di Bulan Ramadhan

0
562
Foto : Kiai Munif Sekretaris Umum MUI Kabupaten saat menyampaikan tausyiyah, kepada para santri At-Taubah Cerme, Gresik (Zainal/cakrawalamuslim).

CAKRAWALA MUSLIM – Memasuki pertengahan bulan Ramadhan 1445 H, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik mengadakan Istighotsah dan buka bersama, dengan santri pesantren At-Taubah, Rutan Kelas IIB Cerme, Gresik, Senin (25/3/2024).

Dalam kegiatan itu, para santri At-Taubah nampak khidmat mengikuti Majelis Istighotsah dan buka bersama dengan pimpinan MUI Gresik, Baznas Gresik, serta Kopsyah MUI.

KH. Abdul Munif Sekretaris Umum MUI Gresik, dalam tausyiyahnya menyampaikan, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh maghfiroh dari Allah Swt.

“Maka kita harus terus memperbanyak istighfar di bulan Ramadhan ini, bukan hanya itu, saking istimewanya bulan Suci ini, semua ibadah kita, pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah Swt,” jelas H Munif.

Maka itu, lanjut H Munif, dalam bulan Ramadhan ini, setidaknya kita harus memiliki tiga hal, yaitu sabar, disiplin, serta ikhlas.

“Kita semua harus sabar menahan hawa nafsu, kemudian disiplin waktu, serta ikhlas dalam menjauhi semua larangan-Nya,” terang Beliau.

Kemudian, H. Sholihuddin Al-Ayyubi Komisioner Baznas Kabupaten Gresik dalam sambutannya, menyinggung sholawat bil qiyam yang disampaikan para santri At-Taubah begitu terdengar merdu.

“Saya sangat kagum, dengan merdunya lantunan sholawat, padahal teman-teman ini didalam rutan,” ungkapnya.

H Sholihuddin juga menerangkan, bahwa delapan tahun perjalanan Pesantren At-Taubah ini, alhamdulillah MUI Gresik, Baznas serta pihak Rutan senantiasa konsisten dalam mendidik para warga binaan.

“Saya juga ingin menyampaikan, bahwa kita yang duduk didepan ini, bukan berarti lebih mulia dihadapan Allah dengan kalian (santri At-Taubah), karena kita memiliki kesempatan yang sama untuk disayang Allah dan masuk surga-Nya,” jelasnya.

Sementara itu, mewakili pimpinan Rutan Kelas IIB Gresik, Anggi Fauzi menyampaikan terimakasih kepada seluruh mitra, yang salama ini membantu dalam mengadakan kegiatan-kegiatan di Rutan.

“Semangat teman-teman santri At-Taubah juga sangat luar biasa, dalam mengikuti Istighotsah dan Buka Bersama ini,” pungkasnya. (is/cm)