Kopsyah-MUI Salurkan Zakat Maal 769 Juta Rupiah

0
186
Foto : Direktur Utama Kospyah-MUI saat memberikan sambutan. (Foto : Zainal/cakrawalamuslim)

CAKRAWALA MUSLIM – Sebagai pelayan jasa keuangan berbasis syariah, sudah barang tentu menunaikan zakat maal adalah kewajiban tiap tahun bagi Koperasi Syariah Mitra Usaha Ideal (Kopsyah-MUI).

Dengan semangat berbagi dan kepedulian kepada sesama, tahun ini, Kopsyah-MUI menyalurkan zakat maalnya pada Bulan Ramadhan, pada Kamis, (28/3/2024), di Graha Kopsyah-MUI LT.3, Jl. Raya Pahlawan, Ngawen Sidayu Gresik.

Dalam kegiatan bertajuk penyaluran zakat maal Kopsyah-MUI tahun 2024 dan buka puasa bersama ini, H. Abdul Muhith Direktur Utama Kopsyah-MUI menyampaikan, rasa syukurnya dengan perkembangan koperasi, sehingga bisa mendongkrat penyaluran zakat maal secara signifikan.

“Alhamdulillah, total zakat maal Kopsyah-MUI tahun 2024 sebesar 769 juta rupiah, dan akan kita distribusikan kepada yang berhak menerima, yaitu untuk kesejahteraan Masjid, Mushola, beasiswa pendidikan, para faqir miskin, dsb,” terang H Muhith.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan besaran zakat maal tersebut, tidak lain karena kerjasama semua pihak terkait, yang mendorong kemajuan Kopsyah-MUI hingga seperti sekarang.

“Sampai saat ini, kita memiliki tiga unit usaha, yaitu unit simpan pinjam, usaha niaga, serta devisi umroh dan haji, semoga kedepan terus berkembang, sehingga bisa terus memberi kemanfaatan lebih pada umat,” tambahnya.

Kemudian, Camat Sidayu Suwartono, atas nama pemerintah, menyampaikan terimakasih atas peran nyata Kopsyah-MUI dalam upaya menyejahterakan masyarakat.

“Harapan kami, apa yang sudah dikerjakan bisa menjadikan contoh, terutama dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat, karena diakui atau tidak, dalam kondisi saat ini, banyak saudara-saudara kita belum beruntung, maka yang dilakukan Koosyah-MUI ini, yaitu penyaluran zakat maal, ini akan mengurangi beban saudara-saudara kita,” ujarnya.

Ketua Badan Amit Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Gresik H Muhammad Mujib yang turut hadir, menyampaikan apresiasinya atas kenaikan aset yang dimiliki oleh Kopsyah-MUI.

“Kenaikan aset yang mencapai 50% lebih ini, adalah barokahnya zakat, maka Baznas Gresik juga mengajak Bapak/Ibu, manakala usahanya sudah menyentuh ketentuan zakat maal, mari menyalurkan zakat, karena esensinya adalah menyalurkan hak dari orang lain yang harus disampaikan,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan penyaluran zakat maal dan buka puasa bersama ini, juga diramaikan dengan hiburan musik dari tim seni binaan MUI Kabupaten Gresik. (is/cm)