Puluhan Pelaku Usaha Pemotongan Unggas di Menganti ikuti Pelatihan Penyembelihan dari MUI Gresik

689
2560

Desa Sidowungu di Kecamatan Menganti adalah sebuah daerah yang cukup banyak dihuni oleh pelaku usaha pemotongan unggas seperti ayam dan bebek. Ust. Zainal yang merupakan salah satu tokoh masyarakat di Menganti mengatakan bahwa pelaku usaha di Desa ini bisa melakukan pemotongan hingga 3 Ton per malam. Hal tersebut menjadikan MUI Kabupaten Gresik terpanggil untuk memberikan pelatihan penyembelihan halal yang akhirnya dilaksanakan pada Sabtu, 12 Agustus 2017.

Beberapa pimpinan MUI Gresik, KH. Mansoer Shodiq, KH. ‘Ainur Rofiq, H. Suwandi, dan H. Awwaluddin memimpin langsung acara yang ditempatkan di Pondok Pesantren Khozainul Ulum tersebut. Seperti penuturan KH. Mansoer Sodiq dalam sambutannya, “Kegiatan ini diantaranya bertujuan untuk menjamin masyarakat di Kabupaten Gresik mengonsumsi daging yang halal, insyaallaah daging yang halal akan lebih banyak barokahnya.”

Sebanyak 70 orang yang sehari-hari bekerja dalam usaha pemotongan unggas menyimak dengan seksama materi demi materi yang diterangkan oleh KH. Ainur Rofiq sebagai Ketua Bidang Fatwa, Hukum dan Pengkajian MUI Kabupaten Gresik.

Selain materi, diakhir acara para peserta juga diminta untuk mempraktekkan cara menyembelih sesuai dengan ketentuan yang telah disampaikan KH. Ainur Rofiq. Hasilnya cukup memuaskan, peserta dan warga terlihat sumringah ketika bersama-sama menyaksikan kelancaran praktek penyembelihan yang telah dilakukan.

(AF)

Comments are closed.