Ketua MUI Gresik Ingatkan Pentingnya Penguatan kelembagaan

0
8

CAKRAWALA MUSLIM – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik menggelar rapat kodinasi dan konsolidasi, Sabtu (28/5/2022). Acara yang digelar di Gedung Putri Mijil Pendopo itu dihadiri oleh seluruh Ketua MUI di 18 kecamatan di Gresik.

Dalam sambutannya, Ketua Kabupaten Gresik KH Mansoer Shodiq mengatakan, pentingnya penguatan kelembagaan di tubuh MUI Gresik. Apalagi MUI merupakan rumah bersama umat Islam, yang menjadi acuan dan contoh dalam hal membimbing umat.

“MUI sebagai rumah besar umat Islam menjadi titik temu diantara meraka dengan beraneka ragam latar belakang madzhab dan pemikiran keagamaan,” katanya.

Selain itu, KH Mansoer juga menuturkan, penguatan kelembagaan juga termasuk dalam penguatan struktural. Bagaimana kelembagaan ditubuh MUI bisa efektif, dan efisien. Termasuk pembagian kerja yang jelas dan terukur.

“Kegiatan yang akan dilakukan oleh MUI Kabupaten kiranya harus diteruskan dan dijalankan oleh MUI Kecamatan se-kabupaten Gresik,” jelasnya.

Selain penguatan kelembagaan, acara tersebut turut menyampaikan penyerahan uang subsidi kegiatan MUI kecamatan tahun 2022. Masing-masing MUI kecamatan berhak mendapatkan anggaran sebesar Rp 7 juta 500 ribu.

Anggaran tersebut, dialokasikan sebagai dana kegiatan MUI kecamatan selama setahun kedepan. Total ada anggaran sebesar Rp 135 juta pada tahun ini, yang digelontorkan oleh MUI Kabupaten Gresik, untuk MUI kecamatan. (sah)