KPU Gresik Lantik PPS Pemilu 2024, Keterwakilan Perempuan Capai 33 Persen

0
11
Foto : Jajaran komisioner KPU Gresik saat Pelantikan PPS Pemilu 2024 se-Kabupaten Gresik di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) Gresik, Selasa (24/1/2023).

CAKRAWALA MUSLIM – Secara resmi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik akhirnya melantik 1.068 anggota Pantia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) Gresik, Selasa, (24/1/2023).

Dalam sambutanya, Ketua KPU Gresik Akhmad Roni mengucapkan selamat sudah di lantik menjadi PPS Pemilu 2024.

“Selamat datang di dunia penyelenggaraan pemilu, bapak dan ibu adalah orang-orang hebat yang akan menjalankan tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang,” ungkap Roni

Foto : Ketua KPU Akhmad Roni membacakan sumpah PPS Pemilu 2024 dengan di ikuti seluruh anggota PPS se-Kabupaten Gresik.

Dari 1.068 PPS, Akhmad Roni mengatakan, 713 orang dari unsur laki-laki dan ada 355 dari unsur perempuan, sehingga ada 33 persen keterwakilan perempuan yang menjadi anggota PPS. Tentu, ini sebuah kemajuan bagi penyelenggara Pemilu di Gresik, mengingat targetnya adalah 30 persen keterwakilan perempuan.

“Saya yakin, bahwa yang terpilih menjadi PPS adalah perempuan-perempuan hebat, yang akan menjalankan tahapan pemilu dengan maksimal,” ungkap Akhmad Roni.

Akhmad Roni juga menjelaskan, bahwa Pemilu 2024 adalah Pemilu ke-6 setelah reformasi, maka harus lebih demokratis.

Sementara itu, komisioner KPU Provinsi Jawa Timur devisi Data dan Informasi Nurul Amaliyah, mengingatkan agar para anggota PPS, memegang teguh pakta integritas, yang merupakan janji terhadap diri sendiri, agar tidak melakukan praktik KKN dalam menjalankan tugas dan mensosialisasikan seluruh tahapan pemilu kepada masyarakat.

“Tolong pakta integritasnya di laminating dan di tempel di tembok, agar selalu menjadi pengingat,” jelas Nurul.

Nurul juga mengingatkan, agar menjaga ritme kerja dan kesehatan dengan baik, karena kejadian banyak yang sakit di 2019 menjadi pelajaran berharga, dan jangan sampai terulang. (is/cm).