Membanggakan!, Santri Ponpes Mambaus Sholihin Raih Prestasi Juara II MQKN se-Jawa Timur

0
444
Bangga : Nampak ekspresi kebahagiaan para santri setelah menjadi Juara II lomba MQKN se Jawa Timur.

CAKRAWALA MUSLIM – Para santri Ponpes Mambaus Sholihin Suci Gresik kembali meraih prestasi yang membanggakan di tingkat Jawa Timur.

Kali ini, santri-santri KH. Masbuhin Faqih ini, meraih Juara II MQKN (Musabaqoh Qiro’atil Kutub Nasional) tingkat Provinsi oleh Kemenag Jatim, saat mewakili kabupaten Gresik, pada Kamis, (8/6/2023).

Dalam kegiatan yang di adakan di Ponpes Amanatul Ummah Pacet Mojokerto itu, Mambaus Sholihin mengirim 69 santri, untuk mengikuti 29 cabang perlombaan.

“Alhamdulillah kita bisa dapat 8 emas, 7 perak, serta 7 perunggu, tentu para kafilah (sebutan santri yang ikut lomba) senang dan bangga, karena bisa mengharumkan nama pesantren,” jelas Ainul Mukmin, yang merupakan Rois ‘Amm (Lurah Pondok) Mambaus Sholihin.

Bangga : Para santriwati Mambaus Sholihin saat lomba MQKN terlihat semangat luar biasa.

Selain itu, lanjut Mukmin, para santri ketika berangkat mengikuti lomba, bukan hanya ingin menang, tapi lebih dari itu, mereka ingin membahagiakan Romo KH. Masbuhin Faqih, serta mengangkat citra Gresik yang nota bennya sebagai kota Santri ini.

“Sebelum berangkat, kita sowan dulu kepada Romo Kyai, dan di beri pesan; Sing maslahah gawe Pondok, insyaallah barokah lancar lan hasil,” begitu dawuh Yai Buhin, yang menurut Ainul Mukmin sangat memotivasi para delegasi.

Perlu di ketahui, bahwa beberapa cabang perlombaannya adalah, Nahwu, Fiqih, Hadist, Tafsir, Ushul Fiqh, Balaghoh, Debate, Mujadalah dan lain sebagainya, yang sudah dibagi dalam tingkatan Ula, Wustho, Ulya, dan Ma’had Aly. (is/cm)