Bimtek KPPS, KPU Kabupaten Gresik Pastikan KPPS Bekerja Maksimal Layani Pemilih

0
58
Foto : Makmun Komisioner KPU Gresik bersama PPK Manyar dan seluruh KPPS se-Kecamatan Manyar, saat Bimtek KPPS. (Foto : Agung/kpugresik).

CAKRAWALA MUSLIM – Pasca dilantik, Kelompok Penyelenggara Pemilihan Suara (KPPS) se-Kabupaten Gresik langsung mendapat Bimbingan Teknis dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik.

Dalam Bimtek tersebut, seluruh KPPS yang terdiri dari satu ketua dan enam anggota di tiap TPS, mendapatkan materi teknis, terkait dengan penyelenggaraan pemilu pada Rabu, 14 Februari 2024 mendatang.

Makmun Komisioner KPU Gresik Devisi Sosialisasi dan SDM, dalam arahannya menekankan bahwa KPU adalah lembaga layanan.

“Maka spirit KPU ini, juga harus dilakukan oleh teman-teman KPPS, sebagai ujung tombak KPU, karena tugas utama KPPS adalah melayani pemilih,” ujar Makmun, dalam Bimtek KPPS di GSG Raden Paku, Manyarsidorukun, Kecamatan Manyar, Senin (29/1/2024).

Lebih lanjut, Makmun menyampaikan bahwa Bimtek ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapasitas seluruh KPPS, sehingga tidak terjadi kesalahan pada hari pemungutan suara.

“Jangan lupa menyampaikan pesan sosialisasi kepada seluruh pemilih, pada saat tahapan pengumuman hari pemungutan suara dan lokasi TPS, serta pada saat penyampaikan form pemberitahuan kepada pemilih,” jelas Makmun dihadapan para KPPS.

Tahapan pemilu yang akan dijalankan KPPS, kata Makmun, adalah saat H-5 sebelum pemungutan suara, KPPS menyampaikan pengumunan di lingkungan TPS masing-masing, dapat dilakukan dengan cara mengumumkan di Masjid, Mushola atau keliling menggunakan sound system.

“Mohon dipastikan form pemberitahuan sampai kepada pemilih, apabila tidak bertemu orangnya, dapat disampaikan melalui keluarganya, apabila tetap tidak bertemu dengan keluarganya, dapat disampaikan melalui Surel (surat elektronik) atau WhatsApp,” pungkas Makmun.

Perlu diketahui, bahwa dalam Bimtek KPPS, KPU Gresik menugaskan PPK seluruh kecamatan, untuk mengadakan Bimtek KPPS, dan dilakukan serentak mulai tanggal 26 s/d 30 Januari 2024. (is/cm)