Bawaslu Bersama 35 Ormas dan OKP Gresik Deklarasi Komitmen Awasi Bersama Pemilu 2024

0
168
Foto : Pembacaan deklarasi Bawaslu Gresik bersama Ormas dan OKP se-Kabupaten Gresik.

CAKRAWALA MUSLIM – Geliat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik untuk memaksimalkan kerja pengawasan pemilihan umum, dilakukan dengan mengajak 35 organisasi masyarakat (Ormas) dan organisasi kepemudaan (OKP).

Komitmen antara Bawaslu dan 35 Ormas dan OKP di Gresik ini, tertuang dalam ‘Deklarasi Ayo Awasi Bersama Pelaksanaan Pemilihan Umum 2024 di Kabupaten Gresik’, di Hotel Aston INN Gresik, Selasa (31/10/2023).

Dalam keterangannya, Anggota Bawaslu Gresik Habibur Rahman mengatakan, bahwa Bawaslu Gresik sangat menyambut baik bagi organisasi masyarakat, yang ingin menjadi pemantau pemilu.

“Hari ini kita mengajak 35 perwakilan Ormas dan OKP Gresik, Bawaslu prinsipnya membuka ruang selebar-lebarnya, untuk mendorong ormas agar ikut aktif dalam pengawasan pemilu 2024, karena kolaborasi pengawasan adalah spirit yang ingin kita capai bersama,” jelas Habib.

Dalam deklarasi tersebut, tertuang lima poin deklarasi, yaitu pertama, berperan aktif untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang jujur, adil dan bermartabat, kedua, berkomitmen turut menjaga dan mendorong terciptanya kondusifitas pelaksanaan Pemilu 2024.

Poin ketiga dalam deklarasi tersebut adalah mendukung upaya pencegahan dan penindakan segala bentuk dugaan pelanggaran Pemilu 2024, keempat yaitu menolak segala informasi hoax, ujaran kebencian dan politisasi sara.

Terakhir, adalah menolak segala bentuk politik uang pada seluruh tahapan Pemilu 2024. (is)