Jelang Pemilu 2024, KPU Jatim Gelar Rakor Tahapan Kampanye dan Kirab Pemilu di Gresik

0
223
BERI ARAHAN : Komisioner KPU Jatim Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Parmas Gogot Cahyo Baskoro (empat dari kiri), nampak serius menjelaskan kepada KPU Kabupaten/Kota, di dampingi Pimpinan KPU Jatim yang lain, Choirul Anam, Miftahur Rozaq, Insan Qoriawan, Nurul Amalia dan Rochani, serta Sekretaris Nanik Karsini.

CAKRAWALA MUSLIM – Pelaksanaan Pemilihan Umum 2024 yang kian dekat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur terus matangkan persiapan internal, demi suksesnya pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Kali ini, KPU Jatim menggelar rapat kordinasi persiapan tahapan kampanye Pemilu 2024 dan pelaksanaan Kirab Pemilu Jalur V, bersama 38 Komisioner KPU Kabupaten/Kota Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, yang bertempat di Kantor MUI Kabupaten Gresik, Jl. Wahidin Sudirohusodo, pada Minggu, 6 Agustus s/d Senin, Agustus 2023.

Dalam pengarahannya, Komisioner KPU Jawa Timur Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat Gogot Cahyo Baskoro menyampaikan apresiasi kepada KPU Gresik, karena terbukti bisa menjalin kerjasama yang baik dengan berbagai elemen masyarakat, terbukti dengan di persilahkannya KPU Jatim mengadakan rakor di Kantor MUI Gresik.

Ia melanjutkan, bahwa agenda penting rakor kali ini akan mengkaji PKPU 15 tahun 2023 tentang Kampanye yang telah di undangkan.

“Dalam rakor ini, harapan kita, semua Komisioner KPU Divisi Sosialisasi dan SDM sudah melakukan kajian terlebih dahulu, sehingga berbagai hal yang punya potensi jadi kendala bisa di inventarisir,” terang Gogot, pada Minggu, (6/7/2023).

Selain persiapan kampanye, Ia juga menitikberatkan pada optimalisasi sosialisasi dan pendidikan pemilih di tiap kabupaten atau kota. Apalagi di momen peringatan kemerdekaan RI ini ada banyak kesempatan yang bisa di maksimalkan.

“Jadi Kirab Pemilu Jalur V ini seharusnya bisa lebih maksimal karena berbarengan dengan Bulan Agustus,” tambahnya.

Kemudian Ketua KPU Jatim Choirul Anam menyampaikan kepada seluruh KPU Kabupaten/Kota, untuk menyiapkan tempat-tempat pemasangan alat peraga kampanye (APK) untuk Pemilu 2024, agar ketika sudah memasuki tahapan kampanye, KPU sudah siap melaksanakannya.

“Nanti juga silahkan untuk di kordinasikan dengan stekeholder terkait, terutama dengan pemerintah daerah, untuk soal pemasangan APK,” jelasnya.

Mewakili tuan rumah, Ketua KPU Gresik Akhmad Roni dalam sambutannya berterimakasih kepada KPU Jatim yang telah menunjuk Gresik sebagai tempat kegiatan rakor ini.

Hadir pula dalam acara tersebut Komisioner KPU Jatim yang lain, yaitu Miftahur Rozaq, Insan Qoriawan, Nurul Amalia dan Rochani, serta Sekretaris Nanik Karsini, beserta staf yang lain.

Sementara dari KPU Gresik, hadir juga Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat Makmun, beserta Sekretaris dan staf. (is/cm).