Dibuka 4 hari pendaftar PPK tembus angka 471 Pelamar

0
65
Foto; Devisi Sosdiklih SDM & Parmas KPU Gresik, Makmun saat melakukan siaran di Radio Suara Gresik, Jum'at 25/11/22

CAKRAWALA MUSLIM – Penyelengaraan pemilihan umum untuk memilih calon Presiden, anggota DPR, DPD dan DPRD, yang akan di laksanakan pada hari Rabu, 14 Februari 2024, benar-benar dipersiapkan dengan matang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

KPU Gresik saat ini membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mulai tanggal 20 s/d 29 November 2022.

“Luar biasanya, partisipasi masyarakat Gresik sangat tinggi, per tanggal 24 November 2022 pukul 16.00 saja, sudah ada 471 pelamar, dari kebutuhan 90 PPK. Sementara itu, Manyar menjadi kecamatan dengan partisipasi tertinggi 41 pendaftar, disusul kecamatan kebomas 37 pendfatar serta kecamatan cerme 35 pendftar, KPU Gresik sangat mengapresiasi ini,” jelas Makmun, pada saat Talkshow di kanal media sosial Suara Gresik, Jum’at (25/11/2022).

Komisioner KPU Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM ini juga menambahkan, syarat menjadi PPK diantaranya adalah minimal berusia 17 tahun, tidak menjadi anggota partai politik, serta sehat jasmani dan rohani.

“Syarat PPK yang tidak boleh dari anggota partai politik ini, bertujuan untuk menjaga integritas penyelenggara Pemilu 2024, kemudian, KPU juga menekankan aspek kesehatan penyelenggara pemilu, demi kehati-hatian dalam Pemilu 2024 nanti,” jelasnya.

Selain itu, Makmun juga menjelaskan terkait pendaftaran badan adhoc PPK dan PPS, KPU beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi, pendaftar dilkukan melalui online yakni melalui SIAKBA (sistem informasi nggota KPU dan badan adhoc)

“Mekanisme untuk mendaftar menjadi PPK dan PPS, kali ini menggunakan SIAKBA, dalam rangka memudahkan KPU membuat database penyelenggara pemilu yang valid,” tambah Makmun.

SIAKBA sendiri, mempunyai keunggulan dalam transparansi rekrutmen penyelenggara pada publik, artinya masyarakat bisa mengetahui dengan jelas melalui internet jumlah pendfatar setiap kecamatannya.

“Selanjutnya, kami menghimbau seluruh masyarakat Gresik untuk ikut mengawal seluruh tahapan Pemilu 2024, mulai dari verifikasi, perekrutan badan adhoc, serta menggunakan hak pilih pada hari pelaksaan Pemilu 2024,” tambah Makmun

Terakhir, Komisioner KPU ini mengajak untuk menjadi ‘Pemilih yang Cerdas’, yaitu menggunakan hak pilih sesuai dari hasil pengamatan visi-misi calon Presiden dan calon wakil rakyat, “Karena indikasi utama suksesnya Pemilu 2024, adalah tingginya partisipasi pemilih,” pungkas Makmun. (Som/cm)