Jelang Bulan Suci, MUI Gresik Ajak Masyarakat Berdo’a Agar Pandemi Berakhir

0
31
Ketua MUI Gresik KH. Mansoer Shodiq

CAKRWALA MUSLIM – Menjelang bulan ramadhan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik mengajak umat Islam di Gresik, agar menjadikan Ramadan tahun ini sebagai momentum meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan keikhlasan serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

”Secara khusyuk berzikir, memperbanyak membaca Alquran, juga berdoa agar pandemi Covid-19 dan wabah lainnya segera diangkat dan dihilangkan dari dunia khususnya Indonesia,” kata Ketua MUI Kabupaten Gresik KH M. Mansoer Shodiq, Kamis (8/4/2021).

Pihaknya juga mengajak seluruh warga menjalankan ibadah dengan menaati protokol kesehatan. Tentu dengan harapan memutus mata rantai persebaran virus Corona. Baik secara ritual maupun sosial sesuai ketentuan syariat Islam.

“Untuk menjaga keselamatan bersama. Sedangkan untuk menjaga kekhusyukan ibadah, penggunaan pengeras suara bisa diatur sedemikian rupa,” harpanya.

Misalnya, untuk mengumandangkan Adzan dan Iqomah. “Sedangkan pada saat sholat menggunakan suara dalam,” pesannya. Kemudian, penggunaan pengeras suara untuk tadarus maksimal sampai pukul 22.00 WIB.

“Selanjutnya, bisa menggunakan suara dalam,” kata Mansoer.

Pihaknya juga menghimbau agar para pemilik usaha rumah makan, tidak membuka usahanya sebelum pukul 15.00 WIB.

“Dikhawatirkan menggangu kekhusyukan orang berpuasa. Juga mencederai Gresik sebagai kota Wali dan Santri,” pesannya.

Mansoer menambahkan, bulan Ramadhan menjadi momentum untuk meningkatkan amal salih dengan membantu para fakir miskin dan kaum duafa melalui zakat, infak, dan sedekah.

”Khusus zakat mal, apabila sudah mencapai nisab, bisa dibayarkan lebih cepat. Zakat fitrah dapat dibayarkan di awal Ramadan tanpa menunggu malam Idul Fitri,” tandasnya. (sah)