Kunjungan MUI Kabupaten Mojokerto Disambut Bazar UMKM Halal Binaan MUI Gresik

0
890
DUKUNG UMKM : Ketua Umum MUI Gresik bersama para pengurus MUI Kabupaten Mojokerto nampak sedang tanya-tanya soal produk UMKM Halal Binaan MUI Gresik. (Foto : Zainal/cakrawalamuslim.com).

CAKRAWALA MUSLIM – Suasana kunjungan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mojokerto pada MUI Kabupaten Gresik tampak berbeda, pada Sabtu pagi, (14/10/2023).

Bukan hanya 40 pengurus MUI Kabupaten Mojokerto yang diboyong ke MUI Gresik yang tampak berbeda. Namun kehadiran tamu tersebut juga disambut dengan diadakannya Bazar Paguyuban UMKM Halal Binaan MUI Gresik, di Aula Kantor MUI Gresik.

Ketua Umum MUI Gresik KH Mansoer Shodiq sendiri nampak bahagia dengan perkembangan UMKM Halal Binaan tersebut, dan turut mempromosikan didepan para pengurus MUI Kabupaten Mojokerto.

“Hari ini juga disiapkan Bazar UMKM Halal Binaan MUI Gresik, yang bisa dibeli oleh para Kiai dan Bu Nyai, sebagai oleh-oleh khas Gresik, dan bentuk dukungan kepada para UMKM yang telah tersertifikasi halal,” ujar Kiai Mansoer dengan bangga kepada para hadirin.

Perlu diketahui, bahwa terbentuknya Paguyuban UMKM Halal Binaan MUI Gresik ini, adalah bagian dari program berkelanjutan, yang awalnya adalah pendampingan pembuatan sertifikat halal oleh Pusat Layanan Sertifikasi Halal (PLSH) MUI Gresik.

“Jadi di MUI Gresik, komisi pemberdayaan ekonomi syariah membentuk lembaga PLSH, yang tujuannya jelas membantu pemerintah mewujudkan percepatan sertifikasi halal. Kemudian, ada ratusan pelaku UMKM yang telah jadi sertifikatnya, maka kita dorong untuk kita bina agar UMKM tersebut terus berkembang,” jelas Kiai Mansoer.

Sementara itu Ketua Paguyuban UMKM Halal Binaan MUI Gresik Sri Hartatik, mengaku senang dengan diadakannya bazar ini, karena sebagai salah satu cara mempromosikan berbagai produk milik UMKM yang sudah jelas bersertifikat halal.

“Kita mengucapkan terimakasih pada MUI Gresik karena selalu dibantu mempromosikan produk kita, karena untuk pengenalan produk sangat bermanfaat, semakin banyak masyarakat yang tahu,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, bahwa akan selalu siap ketika MUI Gresik ada kegiatan seperti ini, dan sangat bersyukur, banyak produk UMKM Halal yang diborong habis oleh para tamu dari MUI Kabupaten Mojokerto.

“Alhamdulillah banyak yang beli, terutama jajanan khas Gresik untuk oleh-oleh, seperti pudak, otak-otak bandeng, kripik, dll,” tambahnya.

Pihaknya juga menerangkan, bahwa tadi ada sekitar 17 produk UMKM Halal yang dijajakan, seperti pudak mini, cubung, krupuk ikan, minuman tradisional, kripik tempe, sambal seafood, kopi bubuk, cireng crispy, otak-otak bandeng, bandeng mentari, dsb.

Bagi anda yang berminat untuk order produk UMKM Halal Binaan MUI Gresik, bisa menghubungi nomor WA Sri Hartatik (0813-3210-9405), untuk disambungkan ke para pelaku UMKM Halal, sesuai dengan kebutuhan anda. (is/cm)