Datangi SMAN 1 Kedamean, Makmun Ajak Para Siswa Jadi Agen Demokrasi Indonesia

0
281
AKTIF : Tampak siswa SMAN 1 Kedamean aktif bertanya pada narasumber Komisioner KPU Gresik Divisi Sosialisasi dan SDM Makmun. (Foto : Zainal/cakrawalamuslim.com)

CAKRAWALA MUSLIM – Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Umum 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik terus menggencarkan sosialisasi terutama untuk para pemilih pemula pada pesta demokrasi 2024 mendatang.

Kali ini, melalui Komisioner KPU Gresik Divisi Sosialisasi dan SDM Makmun, mendatangi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kedamean, di Jl. Raya Slempit Kedamean Gresik pada kamis, (7/9/2023).

Makmun mengawali dialog interaktif dengan para pelajar, dengan memutarkan film pendek wawasan kepemiluan, berjudul ‘Calon Ibu Buat Bapak’, yang bercerita betapa pentingnya proses demokrasi, dimulai dari hal terkecil, yaitu keluarga.

Dari film itu, banyak direspon positif oleh beberapa pendapat siswa, seperti Dinda yang menyatakan bahwa pesan yang didapat dari film itu adalah semua masalah bisa terselesaikan dengan musyawarah.

KOMPAK : Foto bersama dengan Salam KPU Melayani, oleh Komisioner KPU Gresik Makmun, PPK Kedamean, PPS Slempit, Dewan Guru serta para siswa SMAN 1 Kedamean. (Foto : Zainal/cakrawalamuslim.com)

“Inti dari film tersebut adalah semua keputusan bersama, harus dipikirkan dengan baik dan oleh semua pihak yang terlibat,” ujar Dwi Winata, salah satu siswa.

Pasca itu, di hadapan ratusan pelajar SMAN 1 Kedamean, Makmun mengajak para siswa untuk bisa jadi agen demokrasi Indonesia, dengan dimulai dari keluarganya masing-masing.

“Jadi pengetahuan tentang demokrasi dan kepemiluan, harus ditularkan pada keluarganya masing-masing, agar para siswa dan keluarganya bisa menjadi pemilih yang cerdas di Pemilu 2024 nanti,” jelas Makmun, saat menjadi Narasumber.

Komisioner KPU Gresik dua periode ini, juga menjelaskan pentingnya Pemilu 2024 pada para pelajar, apalagi akan menjadi pengalaman pertama bagi para siswa SMAN 1 Kedamean, untuk menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara.

“Pemilu sangat penting bagi masa depan Indonesia, karena merupakan perwujudan kedaulatan rakyat untuk memilih pemimpin bangsa, selain itu, melalui pemilu juga akan menjamin suksesi kekuasaan secara damai, serta menjadi sarana evaluasi kepemimpinan bangsa, dimana semua rakyat memiliki hak yang sama,” terang Makmun.

Selain itu, Makmun juga menjelaskan pengetahuan tentang sejarah pemilihan umum, yang telah terlaksana sebanyak 12 kali di Negara kita, serta menjelaskan bahwa asas pemilu yaitu LUBER-JURDIL (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil).

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Kedamean Agus Setiawan mengatakan bahwa kerjasama dengan mengundang KPU Gresik ini, dalam rangka membekali para siswa tentang pemahaman demokrasi dan kepemiluan.

“Kita ingin menamkan pemahaman bagi para siswa, untuk tertancap dihatinya, bahwa demokrasi ini sangat penting, apalagi sebagian besar anak-anak kami punya hak pilih sebagai pemilih pemula,” ujarnya.

Selain dialog interaktif ini, Agus juga menjelaskan bahwa pihak sekolah tidak hanya berhenti disini untuk mengedukasi urgensi demokrasi bagi siswa.

“Karena ini adalah bagian dari kurikulum merdeka belajar, yang salah satunya adalah P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Selain ini, kita juga sudah membuat modul ‘Suara Demokrasi’, yang menjadi pedoman bahan ajar para guru, mengenai demokrasi dan kepemiluan,” tandasnya. (is/cm)