Gandeng PKK Tanggulrejo Manyar, PLSH MUI Gresik Lakukan Sosialisasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal UMKM

0
99
Sekretaris PLSH MUI Gresik Habiburrohman (dua dari kiri) saat mengisi sosialisasi dan pendampingan sertifikasi halal di Desa Tanggulrejo Manyar Gresik.

CAKRAWALA MUSLIM – Geliat Pusat Layanan Sertifikasi Halal (PLSH) MUI Gresik, dalam melakukan sosialisasi dan pendampingan sertifikasi halal bagi pelaku UMKM Gresik terus di lakukan.

Setelah sebelumnya dengan Muslimat Manyar, kali ini PLSH menggandeng Ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Tanggulrejo Manyar, pada Kamis, (15/6/2023).

Dalam acara yang di hadiri oleh sekitar 50 pelaku UMKM binaan PKK Tanggulrejo itu, Sekretaris PLSH yang sekaligus mengisi muatan sosialisasi Habiburrahman, menjelaskan bahwa sertifikasi halal ini sudah jadi salah satu program yang di seriusi pemerintah.

“Pemerintah punya target, di Oktober 2024 semua produk yang beredar di masyarakat sudah harus punya sertifikat halal,” jelasnya, di depan para pelaku UMKM di Desa Tanggulrejo.

Selain melakukan sosialisasi, para pendamping dari PLSH MUI Gresik juga melakukan pendampingan langsung bagi UMKM, yang ingin segera mengurus label halal di produknya.

“Dalam hal ini, PLSH MUI Gresik terus melakukan sosialisasi dan pendampingan, dengan bekerjasama dengan berbagai pihak, dalam rangka mendorong percepatan sertifikasi halal bagi para pelaku UMKM,” tambah Habib.

Sementara itu, Ibu Dewi Ketua PKK Tanggulrejo, menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah untuk memberikan fasilitas kepada UMKM binaan, agar mendapatkan sertifikasi Halal.

“Kegiatan-kegiatan seperti ini, diharapkan bisa meningkatkan produk UMKM lokal yang ada di Tanggulrejo, bisa naik kelas, dan bisa di pasarkan di wilayah desa lain, lebih luas lagi dengan sertifikasi halal ini,” jelasnya.

Para pelaku usaha binaan PKK Tanggulrejo Manyar tampak begitu semangat dalam mengikuti sosialisasi sertifikasi halal dari PLSH MUI Gresik.

Kemudian salah satu peserta sosialisasi Putri Ajeng, memberi komentar positif atas kegiatan yang di lakukan oleh PKK Tanggulrejo dan PLSH MUI Gresik, karena sebelumnya tidak mengetahui kalau ada pengurusan sertifikasi halal gratis bagi UMK.

“Baru tahu kalau ternyata ngurusnya gratis, dan tadi penjelasannya juga detail, terus juga pendamping halalnya baik, saya tadi langsung mengurus sertifikasi halal bagi produk saya,” ujar pemilik usaha Sinom dengan merk Sidojoyo ini.

Perlu di ketahui, bagi UMKM yang belum mempunyai sertifikasi halal, di tahun 2023 ini, pemerintah melalui BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) memberikan fasilitas pengurusan sertifikat halal gratis sebanyak 1 juta UMKM.

Oeh karena itu, bagi para pelaku UMKM yang belum mengurusnya, bisa langsung mendatangi kantor MUI Gresik, di kompleks Masjid Agung Gresik, dengan menemui pendamping PLSH MUI Gresik. (is/cm)