KPU Gresik Hadiri Rapim di Surabaya, begini pesan ketua KPU Jawa Timur

0
35

CAKRAWALA MUSLIM – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) Choirul Anam, membuka Rapat Pimpinan (Rapim) KPU se Jawa Timur pada Senin, 3 Oktober 2022. Bertempat di Hotel Double Tree Jl. Tunjungan Nomor 12 Kota Surabaya, Rapim akan berlangsung selama tiga hari ke depan hingga Rabu, 5 Oktober 2022.

Anam dalam sambutan pembukaan acara menegaskan, Rapim kali ini menjadi momentum untuk meningkatkan soliditas internal penyelenggara Pemilu. Sebab menurutnya, hal tersebut menjadi modal utama dalam menyukseskan gelaran Pemilu Tahun 2024.

“KPU Kabupaten/Kota harus mampu melaksanakan kepemimpinan kolektif kolegial yang efektif dan efisien,” ujar Anam.

Ia melanjutkan bahwa seluruh kebijakan harus diketahui dan dibicarakan bersama di internal komisioner.

Selain itu, mantan Anggota KPU Kota Surabaya tersebut juga mengingkatkan bahwa kelembagaan KPU bersifat hierarkis. Artinya semua KPU Kabupaten/Kota harus tegak lurus terhadap kebijakan apapun yang dikeluarkan oleh KPU Republik Indonesia maupun KPU Provinsi.

“Jika KPU RI intruksi laksanakan, maka harus dilaksanakan. Jika belum paham, silahkan tanyakan, tanpa perlu mempertanyakan,” tegas Anam.

Di samping sebagai momentum meningkatkan soliditas, kepada seluruh peserta, Ketua menghimbau untuk meningkatkan kepedulian sekaligus mendukung program dan kegiatan Reformasi Birokrasi. Hal yang sama juga berlaku untuk pencanangan zona integritas.

“Apapun dan bagaimanapun, kita berada dalam sebuah lembaga negara yang tentu dinilai melalui proses dan berbagai indikator, salah satunya Reformasi Birokrasi, dan Zona Integritas” terangnya.

Formasi lengkap Komisioner KPU Gresik beserta Sekretaris saat mengikuti rapat pimpinan KPU Kab/Kota se Jawa Timur di Hotel Double Tree Surabaya

Dalam kesempatan ini, hadir perwakilan Badan Pengawas Pemilu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, serta Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Jawa Timur. Sedangkan mengikuti sebagai peserta Rapim, Ketua, Anggota, dan Sekretaris 38 KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur, termasuk didalamnya adalah ketua, anggota dan Sekretaris KPU Gresik.

Rangkaian pembukaan acara berlangsung dengan khidmat selama kurang lebih satu setengah jam mulai pukul 16.00 WIB.

Menjadi rangkaian pembukaan, seluruh peserta juga berkesempatan mengheningkan cipta, berdoa untuk para korban tragedi sepak bola di Kanjuruhan Malang. Acara berlangsung meriah dengan adanya penampilan Tari Remo jelang pembukaan.

Adapun rangkaian berikutnya, dijadwalkan masing-masing divisi akan melakukan sinkronisasi dan koordinasi anggaran Tahapan Pemilu Tahun Anggaran 2022. Direncanakan rapim bakal berlangsung hingga Hari Rabu, 5 Oktober 2022 besok. (Al/cm)