Adakan Media Gathering, KPU Gresik Ajak Insan Pers Sukseskan Pemilu 2024

0
118
Foto : Makmun Komisioner KPU Gresik Devisi Sosialisasi dan SDM (tengah), bersama Prof Dr H Abdul Chalik Dekan FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya (kiri). (Foto : Zainal/Cakrawalamuslim).

CAKRAWALA MUSLIM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik terus melakukan kerja-kerja dalam melakukan tahapan menuju Pemilihan Umum 14 Februari 2024 ini.

Bukan hanya secara internal penyelenggara pemilu, KPU Gresik juga terus aktif mengajak pihak-pihak terkait, dalam upaya menjemput suksesnya pesta demokrasi rakyat tersebut.

Dengan mengundang puluhan insan pers, KPU Gresik mengadakan Media Gathering bertajuk ‘Peran Media dalam Menyukseskan Pemilu 2024’, di Hotel Horison Gresik, Senin (11/12/2023).

Dalam pantikannya, Makmun Komisioner KPU Gresik Devisi Sosialisasi dan SDM mengungkap, bahwa sebagai leading sector dalam penyelenggaraan pemilu, KPU harus terus melakukan pendidikan pemilih.

“KPU tidak bisa sendirian, maka dalam hal ini kami mengajak insan pers, untuk terus mengedukasi masyarakat, dengan narasi-narasi yang bermutu dan benar, agar masyarakat terdidik menjadi pemilih yang cerdas,” ungkap Makmun.

Sehingga lanjut Makmun, pelan tapi pasti, kita bisa meningkatkan kualitas pemilu kita, karena hanya dengan cara mendidik pemilih, kita bisa berharap kualitas demokrasi Indonesia mengalami perbaikan.

Kemudian Prof Dr H Abdul Chalik Dekan FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya, dalam materinya Pemilu 2024 ini, menjadi catatan penting dalam demokrasi kita.

“Bicara Pemilu 2024, adalah demokrasi prosedural vs demokrasial, artinya kita bertaruh untuk bisa menjadikan pemilu ini, sebagai jalan untuk mencapai substansi demokrasi yaitu kesejahteraan rakyat, bukan hanya sekedar proseduran pergantian kepemimpinan nasional,” terang Guru Besar Ilmu Politik Islam UIN Sunan Ampel ini.

Prof Chalik berharap, insan pers tidak sekedar jadi kelompok pasif dalam Pemilu 2024.

“Para Jurnalis jangan hanya menjadi kelompok sub-ordinat, tapi harus menjadi kelompok critical thingking, yang mewarnai demokrasi kita, dalam rangka demi indonesia yang lebih sejahtera,” tambah Prof Chalik. (is/cm)