Kolaborasi dengan Rutan dan Baznas, MUI Gresik Gelar Festival Keagamaan Bagi Warga Binaan

0
207
Foto kegiatan pembukaan Festival Keagamaan Pesantren At-Taubah Gresik, 28/11/2022

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik, kembali menyelenggaran kegiatan yang bertujuan untuk melebarkan segmen dakwahnya. Kali ini, MUI Gresik berkolaborasi dengan Rumah Tahanan kelas IIB Gresik, dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Gresik.

Kegiatan yang terselenggara di Rutan Gresik ini, menyasar seluruh warga binaan Rutan, dalam bentuk Festival Keagamaan Pesantren at-Taubah, yang di adakan mulai Senin, 28 November 2022 s/d Rabu, 7 Desember 2022.

Dalam kegiatan yang bertema ‘Membangun Harapan Melalui Jalan Islam’ ini, ada beberapa cabang perlombaan, diantaranya lomba membaca Al-Qur’an, menghafal surat-surat pendek, lomba khutbah, lomba praktik wudhu, lomba praktik sholat, serta lomba cerdas-cermat.

Kyai Mansoer dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan ini adalah upaya bersama untuk menghadirkan nafas agama Islam di tengah-tengah warga binaan rutan.

“Warga binaan harus kita beri perhatian khusus, karena mereka harus memiliki semangat untuk menjadi masyarakat yang lebih baik lagi, terlebih agar mau belajar ilmu-ilmu agama Islam,” jelas ketua MUI dua periode ini.

Perlu di ketahui juga, bahwa pesantren at-Taubah, yang notabennya adalah pesantren dalam Rutan Gresik, telah ada sejak tahun 2016, dan MUI Gresik berkomitmen untuk selalu membimbing warga binaan, dengan pengajian-pengajian dan praktek ubudiyah, yang di fasilitasi oleh MUI Gresik.

“Besar harapan kami, MUI yang secara istiqomah hadir membersamai para warga binaan, bisa mengajak para santri at-Taubah, untuk semakin mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa, dengan mengisi waktu di rutan, melalui pengajian-pengajian agama,” tambah kyai Mansoer.

Selain Festival Keagamaan, MUI Gresik juga mengisi berbagai kegiatan keagamaan di Rutan Gresik, seperti belajar membaca al-Qur’an setiap hari senin, ngaji kitab setiap hari selasa, ngaji bimbingan konseling tanya jawab fiqih setiap hari rabu, dan setiap hari kamis aqidah akhlak, serta dalam satu bulan sekali dilaksanakan majelis istighosah yang dihadiri santri, para ustadz dan pimpinan MUI Kabupaten Gresik.(isom/cm)