Lukisan Komisi Seni dan Budaya MUI Gresik untuk Semeru Laku Terjual

0
359

CAKRAWALA MUSLIM – Dua lukisan dari Komisi Seni dan Budaya MUI Gresik, milik seniman Komang Jaya Upadana laku terjual, Sabtu (11/12/2021). Pembelinya adalah Anggota DPRD Gresik Khoirul Huda.

Satu lukisan terjual dengan harga Rp 1,5 juta. Karena dua lukisan, total dana yang terkumpul dari penjualan itu ada sebanyak Rp 3 juta.

Sesuai janjinya, seniman yang kerap dipanggil Kak Omang akan menyerahkan seluruh hasil penjualan ke korban erupsi Gunung Semeru. Dalam hal ini, ia memasrahkan seluruhnya kepada MUI Gresik sebagai lembaga yang membidanginya.

Sebelumnya, lukisan yang dilelang adalah milik Kak Komang dari Komisi Seni dan Budaya MUI Gresik. Ada dua lukisan yang dilelang hasilnya akan diserahkan ke korban bencana.

Kedua lukisan bergambar masjid dan lafadz arab itu memiliki filosofi sendiri. Komang menginginkan setiap penikmat seni yang melihat lulisannya, secara tidak langsung ikut berdzikir kepada Allah dan bersholawat kepada Nabi Muhammad Saw.

Sedikit informasi tentang Kak Komang, dia adalah seniman lukis yang menempuh karirnya sebagai pelukis. Ia aktif mengambar sejak 1997 dengan genre lukis sketsa wajah. Kemudian pada tahuan 2000 alumnus Universitas Negeri Jember (UNEJ) mulai aktif melukis di media kanvas.

Selama menjadi mahasiswa, Kak Komang juga aktif di dunia dongeng anak-anak. Keahlian itu nyatanya ditekuni hingga sekarang. Tak sedikit anak-anak banyak yang terhibur dengan aksi kocaknya.

“Selain aktif di MUI di bidang kesenian saya juga masuk dalam organisasi Gresik Seni Rupa (Gasruk). Alhamdulillah masih saya tekuni,” terangnya. (sah)