KPU Gresik Serukan 14 Februari 2024 Hari Kasih Suara di SMKN Duduksampeyan

0
279
INTERAKTIF : Makmun saat tanya jawab dengan para siswa SMKN Duduksampeyan. (Foto : Zainal/cakrawalamuslim).

CAKRAWALA MUSLIM – Jika sebelumnya kaula muda ini pahamnya 14 Februari adalah hari kasih sayang, maka 14 Februari 2024 adalah hari kasih suara pada Pemilu 2024, jadi jangan sampai tidak nyoblos, karena menentukan masa depan kita semua

Begitu jelas Makmun, Komisioner KPU Gresik di depan para siswa SMKN Duduksampeyan, pada Rabu (18/10/2023).

Dalam kegiatan pendidikan pemilih dan sosialisasi pemilu itu, Makmun menyampaikan materi dengan interaktif, diawali dengan menonton film dokumenter kepemiluan berjudul Calon Ibu Buat Bapak.

“Film ini adalah bagian dari penerapan sistem demokrasi di keluarga, bahwa perbedaan pendapat dalam keluarga itu biasa, tapi tujuannya sama, seperti yang dikatakan salah satu anak di film, yaitu hidup rukun dalam damai,” terang Makmun, di SMKN Duduksampeyan, Desa Sumari, Kec. Duduksampeyan, Kabupaten Gresik.

Selanjutnya, Makmun menjelaskan pengertian dasar demokrasi, yaitu pemerintahan yang kebijakannya oleh rakyat, untuk rakyat, dan dari rakyat, maka pemilu 2024 mendatang adalah bagian tidak terpisahkan dari demokrasi.

“Jadi ketika pemilu, negara hadir dan tanya kemauan rakyat tiap 5 tahun sekali. Ini adalah perwujudan kedaulatan rakyat,” terang Komisioner KPU Gresik Devisi Sosialisasi dan SDM.

Makmun juga menjelaskan, bahwa pemilu juga menjadi sarana evaluasi kepemimpinan bangsa, karena rakyat bisa menilai, apakah mau mempertankan pemimpinnya, atau mengganti dengan pemimpin yang batu, baik legislatif dan eksekutif.

“Kemudian sebagai pemilih dalam pemilu besok, adik-adik harus tahu, bahwa akan ada lima surat suara yang akan dicoblos tanggal 14 Februari 2024 besok, yaitu surat suara untuk Calon Presiden dan Wakil, Calon DPR-RI, Calon DRD-RI, Calon DPRD Provinsi, dan Calon DPRD Kabupaten,” terang Makmun.

KPU MELAYANI : Komisioner KPU Gresik Makmun bersama para dewan Guru SMKN Duduksampeyan dan PPK Kecamatan Duduksampeyan. (Foto : Zainal/cakrawalamuslim.com).

Salah satu siswi SMKN Duduksampeyan, menanyakan tips menjadi pemilih, karena merasa binggung saat harus memilih calon pemimpin.

“Saya masih pemilih pemula, sedangkan saya besok akan memilih pemimpin, bagaimana cara agar pilihan saya bisa tepat?,” tanya Sholihah.

“Jadi untuk jadi pemilih cerdas, adik-adik perlu mengetahui visi misi serta tujuan dari calon tersebut, apakah sesuai dengan keinginan para pelajar,” jawab Makmun.

Sementara Kepala Sekolah SMKN Duduksampeyan Syamsul Anam, menyampaikan terimakasih atas kedatangan KPU Gresik, untuk melakukan pendidikan pemilih dan sosialisasi pemilu 2024.

“Jadi sosialisasi ini penting, karena anak didik kita yang saat ini kelas XII ini, besok akan jadi pemilih pemula, jadi sangat perlu diberi sosialisasi dari KPU,” jelasnya.

Selain itu, hadir juga PPK Duduksampeyan, Ahmad Bashiron, Tomy Andi, Maulana Zaky Zein, Andrian Edi Prasetyo serta Ardianto. (is/cm)