Songsong Pemilu 2024, KPU Gresik Tetapkan 1.068 PPS Terpilih

0
11
Foto : Makmun Komisioner KPU Gresik devisi Sosialisasi dan SDM saat menjadi penguji tes wawancara terhadap calon anggota PPS di Pendopo Kecamatan Manyar.

CAKRAWALA MUSLIM – Memasuki tahun 2023, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik terus mempersiapkan diri menyambut pemilu serentak 2024. Tahapan kali ini, menetapkan 1.068 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) terpilih untuk Pemilu 2024, melalui surat keputusan nomor 102/PP.04.1-Pu/3525/2023, pada hari Sabtu, (21/1/2023).

Selain menetapkan nama yang terpilih menjadi anggota PPS, KPU Gresik juga menyiapkan 876 nama, yang nantinya akan menjadi calon Pengganti Antarwaktu.

“Untuk anggota PPS, KPU membutuhkan 3 orang di setiap desa atau kelurahan. Nantinya, para anggota PPS yang terpilih, akan menjadi ujung tumbak KPU dalam menjalankan tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 di tingkat desa atau kelurahan,” jelas Makmun Komisioner KPU Gresik devisi Sosialisasi dan SDM kepada cakrawalamuslim.com.

Makmun juga menjelaskan, bahwa suksesnya Pemilu 2024 akan sangat bergantung pada kinerja para anggota PPS yang terpilih ini, karena merekalah yang langsung bersentukan dengan pemilih.

“KPU Gresik berpesan, kepada anggota PPS yang terpilih supaya menjaga betul nilai-nilai integritas dan profesionalitas,” ungkapnya.

“PPS terpilih ini harus bisa bekerja jujur, transparan, akuntabel, cermat dan akurat dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya karena Integritas penyelenggara ini sangat penting dijaga, karena menjadi salah satu tolak ukur terciptanya Pemilu demokratis,” ungkap Makmun.

Perlu di ketahui, bahwa pelantikan calon anggota PPS terpilih, akan dilaksanakan pada Selasa, 24 Januari 2024, di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) Gresik, dan untuk para calon PPS terpilih kepulauan bawean pelantikannya dilaksanakan di Kecamatan Sangkapura. (is/cm)