Asesor MUI Jatim; MUI Gresik Layak Jadi Mitra Strategis Pemda dalam Pembinaan Umat

0
209

CAKRAWALA MUSLIM – Tim asesor akreditasi MUI Provinsi Jawa Timur tinjau dan melakukan peletakan material secara simbolis (12/11/22) di Gedung Baru MUI Kabupaten Gresik.

Peninjauan dilakukan dalam rangkaian kegiatan visitasi Akreditasi MUI Jawa Timur di MUI Kabupaten Gresik.

Dr. Fahruddin dalam kesempatannya mengatakan MUI Gresik menjadi satu-satunya MUI Kabupaten/Kota yang memiliki gedung sendiri.

“Baru tahun depan pembangunan gedung MUI Jatim dimulai sedangkan gedung MUI Gresik sudah megah seperti ini dan mau jadi, padahal MUI Jatim mau memberikan contoh kepada pemerintah daerah di masing-masing kabupaten/kota agar memberikan perhatiannya kepada MUI” Ujar Fahruddin

Gedung MUI Gresik seluas 1800 meter persegi itu rencana pembangunan selesai awal tahun depan, fasilitas dalamnya ada lantai dasar digunakan basemen tempat parkir, lantai satu ruang perkantoran, media Center dan Pusat layanan Sertifikasi Hall serta lantai dua digunakan untuk aula, perpustakaan dan ruang penginapan.

Tim asesor akreditasi dari MUI Jawa Timur melakukan doa bersama saat meninjau pembangunan gedung MUI Kabupaten Gresik di dampingi pimpinan MUI Kabupaten Gresik

Pada kegiatan akreditasi setidaknya ada lima kategori yang diujikan dalam akreditasi MUI Provinsi Jawa Timur mulai dari Manajamen Organisasi, Pelayanan, Inovasi & Kepeloporan, Hububungan Kerjasama dan Dukungan Pemerintah yang di breakdown menjadi dua puluh lima poin.

Dr. Listiyono salah satu asesor mengatakan program akreditasi dilakukan sebagai bentuk penyamaan standart mutu dan bahan evaluasi MUI Jawa Timur dalam pengelolaan organisasi yang baik.

“MUI Jawa Timur berharap setiap MUI Kabupaten/Kota mempunyai program yang di rencanakan, dilaksanakan dan dievaluasi, sehingga indikator capaian setiap program bisa diukur dengan baik,” Terang Dr. Listiyono.

Listiyono juga menambahkan kegiatan visitasi ini dilakukan dalam rangka mencocokkan dokumen yang telah diupload dengan dokumen aslinya sehingga visitasi ini dapat menambah atau mengurangi poin sebelumnya.

“Ternyata MUI Gresik telah melampaui espektasi kami, dokumen yang tidak diupload lebih banyak dari dokumen yang diupload,” Tambahnya

Kyai Mansoer Ketua Umum MUI Gresik mengucapkan terima kasih dan menyambut positif adanya program akreditasi oleh MUI Jawa Timur yang bisa dijadikan bahan evaluasi di MUI Kabupaten Gresik.
“mohon pembinaan dari MUI Jawa Timur supaya kinerja MUI Gresik kedepan menjadi lebih baik,” Singkat Kyai Mansoer

Hadir dalam kegiatan asesmen tersebut Asesor MUI Jawa Timur Dr. Listiyono Santoso dan Dr. Ahmad Fahruddin, Pimpinan Harian MUI Gresik serta panitia akreditasi MUI Kabupaten Gresik. al/cm