MUI Kabupaten Gresik Fasilitasi Terbentuknya Paguyuban UMKM Bersertifikat Halal

0
247

CAKRAWALA MUSLIM – Kepedulian Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik, dalam upaya memfasilitasi perkembangan para UMKM binaan, tidak hanya berhenti pada membantu proses pengurusan sertifikasi halal melalui Pusat Layanan Sertifikasi Halal (PLSH) MUI Gresik.

Namun jauh dari itu, PLSH yang merupakan badan bentukan Komisi Pemberdayaan Ekonomi MUI Gresik, juga membantu terbentuknya komunitas UMKM Halal.

Wakil Ketua Umum MUI Gresik KH. Ainur Rofiq Thoyyib yang hadir, mendoakan agar perkumpulan para UMKM ini membawa manfaat yang besar.

“Usaha Bapak Ibu sekalian ini kan sudah tersertifikasi halal, jadi kami yakin, ketika usaha Bapak Ibu halal, akan membawa manfaat yang sangat besar,” terang Kiai Rofiq, saat acara dengan UMKM Halal binaan, di Aula Kantor MUI Gresik, Selasa (26/9/2023).

Kiai Rofiq juga pesan, jangan sampai yang dilakukan usaha dhohir saja, namun harus terus dibarengi dengan usaha batin, agar usahanya semakin sukses.

Ketua MUI Gresik Bidang Pemberdayaan Ekonomi Syariah H. Muslih Hasyim yang juga hadir, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kunci suksesnya pengusaha itu semangat.

“Kalau sudah semangat, nanti akan lahir inovasi, dan ketika sudah terbiasa, Bapak Ibu akan punya insting (nalar) sebagai pengusaha,” jelas H. Muslih.

MUI juga siap, lanjut H. Muslih, untuk terus membimbing perkembangan para UMKM ini, dengan berbagai pelatihan-pelatihan praktis, yang bisa langsung diterapkan dalam pengembangan bisnisnya.

Sementara itu, hasil dari pertemuan para UMKM Halal yang dihadiri puluhan pelaku usaha itu, adalah disepakatinya nama komunitas, yaitu Manfaat Usaha Halal (MUH), yang rencananya akan diresmikan dua bulan mendatang.

“Rencananya ketika peresmian itu, kita juga akan membuat pelatihan digital marketing praktis, serta bazar UMKM Halal anggota kita,” jelas Sekretaris MUH Wildan Wahid.

Dalam pertemuan itu, juga diisi oleh sosialisasi penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard), yaitu pembayaran digital menggunakan scan QR Code, dari BRI Cabang Gresik. (is/cm)