Masyallah, Ribuan Orang Iringi Pemakaman Almaghfurlah Kiai Thohawi Hadin

0
951
PENGHORMATAN : KH. Mansoer Shodiq Ketua Umum MUI Gresik (berdiri) menyampaikan sambutan mewakili keluarga besar Almaghfurlah KH. Ahmad Thohawi Hadin.

CAKRAWALA MUSLIM – Innalillahi wainna ilaihirojiun, Kabar duka bagi masyarakat Kabupaten Gresik. Salah satu Ulama berpengaruh di Kota Santri, KH. Ahmad Thohawi Hadin Pengasuh Ponpes Al Ishlah Bungah, tutup usia pada Rabu, 13 September 2023, pukul 23.00 WIB.

Almaghfurlah yang juga merupakan Ketua MUI Gresik Bidang Fatwa ini, meninggal dunia diusia 56 tahun, dan ribuan orang ikut mensolati serta mengantar beliau sampai ke liang lahat.

Sholat jenazah dilakukan pada pukul 13.00 WIB di Masjid Al Ishlah Bungah, dengan diikuti ribuan umat yang memenuhi Masjid, dengan Imam Pengasuh PP Qomaruddin KH. Alauddin, kemudian doa secara bersambung oleh KH Moch Farhan, KH Aunur Rohim Manyar, KH Husen Anwar dari Turi Lamongan, serta KH Nasrullah Baqir dari Pondok Pesantren Kranji Lamongan.

Setelah dilakukan sholat jenazah, KH Chusnan Ali melanjutkan dengan ikrar isyhad, dan ditutup dengan sambutan mewakili keluarga, yang disampaikan oleh Ketua Umum MUI Kabupaten Gresik KH. Mansoer Shodiq.

Jenazah Almagfurlah Kiai Thohawi yang merupakan salah satu ulama masyhur di Gresik ini, kemudian dimakamkan di kompleks makam keluarga besar Ponpes Al Ishlah, dengan talqin yang dipimpin KH Alauddin.

Ribuan orang memadati Ponpes Al Ishlah Bungah, untuk memberi penghormatan pada Almaghfurlah Kiai Thohawi Hadin.

Perlu diketahui, Kiai Thohawi adalah putra Almaghfurlah KH. Maimun Adnan, yang merupakan pendiri sekaligus pengasuh Ponpes Al Ishlah Bungah pertama.

Kiai Thohawi juga masih merupakan keluarga besar Ponpes Qomaruddin Bungah, dengan garis nasab KH Ahmad Thohawi Hadin bin KH Ahmad Maimun Adnan bin Robiā€™ah binti Abdullah bin Sholeh Tsani.

Semasa mudanya, Almaghfurlah yang memang terkenal ahli fiqih ini mondok di Ponpes Alfadlu wal Fadilah Kaliwungu Kendal, yang diasuh oleh KH Dimyati Rois.

Selain mengasuh Ponpes Al Ishlah, Kiai Thohawi juga terkenal sangat aktif dalam kegiatan-kegiatan keagamaan di Gresik, hal tersebut sebagaimana kenang Ketua Umum MUI Gresik KH. M. Mansoer Shodiq.

“Kiai Thohawi sangat aktif di MUI, bahkan terakhir hari Ahad kemarin (10/9), ada kegiatan komisi pendidikan beliau hadir, kita betul-betul kehilangan teman perjuangan, mudah-mudahan kubur beliau dilapangkan, dan mendapat ampunan dari Allah Swt,” kenang Ketua Umum, pada Kamis (14/9/2023).

Selain sebagai ketua bidang fatwa MUI Kabupaten Gresik, Kiai Thohawi juga aktif di Nahdlatul Ulama’ sebagai Rais Syuriyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Bungah, serta Wakil Rais Syuriah PCNU Gresik.

Dalam kesempatan itu pula, pihak keluarga melalui Ir H Muhammad Hamdan juga mengumumkan, bahwa yang akan menjadi pengasuh Ponpes Al Ishlah selanjutnya adalah Gus Ahmad Hadziq, putra ke-10 Almaghfurlah KH Maimun Adnan, dengan dibantu putra-putri dan keluarga besar Kiai Maimun Adnan. (is/cm)