Ketua MUI Jawa Timur Apresiasi Gus Yani, serta Dorong Perkembangan Industri Halal di Gresik

0
206
Beri Arahan : Ketua MUI Jawa Timur KH. Hasan Mutawakkil Alallah saat memberi arahan dalam peresmian kantor MUI Gresik

CAKRAWALA MUSLIM – Apresiasi tinggi diberikan kepada Bupati Gresik Gus Yani, oleh Ketua MUI Jawa Timur KH. Hasan Mutawakkil ‘Alallah, hal tersebut diungkapkan saat beliau memberikan pengarahan pada peresmian kantor MUI Gresik, di kompleks Masjid Agung Gresik, Rabu (22/2/2023).

“Yang paling banyak amal jariyahnya dalam pembangunan ini, adalah Gus Bupati, mulai beliau saat jadi Ketua DPRD sampai jadi Bupati, sehingga saya mengucapkan apresiasi, kepada Gus Yani yang memiliki latar belakang pesantren yang sangat kuat, baik dari sisi Gus Yani maupun dari Ibu Bupati,” jelas Kyai Mutawakkil.

Kyai asal Probolinggo ini, juga menyebut bahwa apa yang dilakukan oleh Gus Yani, dengan membangunkan kantor MUI Gresik, adalah muqtadhol hal wal maqom.

“Karena Gresik adalah salah satu episentrum peradaban Islam di Nusantara, Gresik juga salah satu tempat berlabuhnya Islam, bukti dakwah Maulana Wali asy-Syeikh Malik Ibrohim menjadi bukti nyata, ada juga Syaikhunal Wali Ainul Yaqin atau Sunan Giri, yang merupakan penyebar Islam pertama di Jawa, yang menggunakan kekuatan politik, sampai meluas ke seluruh Jawa dan pulau-pulau yang lain,” jelas Beliau.

Oleh karenanya, lanjut Kyai Mutawakkil, apa yang disampaikan Gus Bupati ketika ada LSM, sangat relevan, baik dari sisi sejarah maupun realitas.

Kyai Mutawakkil juga memberi dorongan, agar Pemerintah Gresik bersama MUI Gresik, mengarap ekosistem indutri halal dengan serius, karena itu juga menjadi program prioritas MUI Provinsi, juga bmengingat Gresik adalah kota Santri dan juga kota Industri.

“Saya haqqul yaqin (yakin betul) bahwa Gus Bupati, nantinya akan mengembangkan ekosistem indutri halal dengan serius, karena Gresik bukan hanya kawasan indutri biasa, namun juga sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat, menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK),” tambah Beliau.

Terakhir, Kyai Mutawakkil juga menyampaikan apresiasi kepada MUI Gresik, yang telah menjalankan kerja organisasi dengan maksimal, mulai dari program ekonomi umat, sampai pemberdayaan kelompok rentan, berkat kolaborasi yang baik dengan Pemkab Gresik.

“Saya titip, tetap menjalin kolaborasi dengan harmoni bersama Pemkab Gesik demi mewujudkan upaya kemaslahatan, di samping itu, menjadi jajaran MUI, adalah amanah dari Allah yang harus betul-betul kita jaga, dan diwujudkan dengan program yang bermanfaat bagi umat,” tutup Kyai Mutawakkil.

Kantor Baru, Pelayanan Kepada Umat Harus Lebih Maksimal

Sementara itu, Bupati Gresik H. Fandi Ahmad Yani ingat betul, ketika ia masih menjadi ketua DPRD Gresik, KH. Mansoer Shodiq dan KH. Ainur Rofiq datang dan mengajak bicara mengenai pengadaan kantor untuk MUI Gresik.

“Saat ini kantornya sudah jadi, dan pelayanan MUI Gresik kedepan harus lebih maksimal, karena peran strategis MUI Gresik dalam berkolaborasi dengan Pemkab Gresik, untuk kemaslahatan umat sangatlah penting,” ungkap Gus Yani.

Kemudian Ketua Umum MUI Gresik KH. Mansoer Shodiq, menyampaikan dalam sambutannya, bahwa dengan kantor baru ini, MUI Gresik akan lebih maksimal melayani umat.

Kompak! : Para ulama dan umara tampak kompak saat foto bersama di kantor baru MUI Gresik.

“Semoga menjadi energi positif bagi MUI Gresik, agar dampak kemanfaatan bisa lebih maksimal diberikan kepada umat,” ungkap Kyai Mansoer.

Kemudian beliau memungkasi sambutannya dengan sebuah pantun,
Dari mana datangnya cinta,
Dari mata turun ke hati,
Terimakasih pak Bupati,
Telah membuatkan kantor MUI,

Perlu di ketahui pula, dalam peresmian kantor tersebut, Pusat Layanan Sertifikasi Halal (PLSH) MUI Gresik, juga menyerahkan 160 sertifikat halal kepada UMKM dampingannya.

Selain di hadiri oleh Forkopimda Gresik dan para ulama’ Gresik, peresmian kantor tersebut juga dihadiri oleh Ketua MUI Surabaya KH. Abdul Muchid Murtadho, Ketua MUI Lamongan KH Abd Aziz Choiri, dan Ketua MUI Bojonegoro KH. Alamul Huda. (is/cm)