MUI Gresik Gelar Tahlil dan Do’a Bersama untuk Pengurus dan Para Syuhada yang berpulang di Masa Pandemi

0
80

CAKRAWALA MUSLIM – Bacaan tahlil dan do’a menggema di saluran udara aplikasi Zoom. Para kiai dan jama’ah di forum Majelis Ulama’ Indonesia (MUI) Gresik kompak mengumandangkan dzikir. Semua do’a itu dikuhusukan para kiai yang telah mendahului selama pandemi Covid-19.

Kendati pembacaan tahlil berada di rumah masing-masing, namun suasananya tetap khidmat. Acara itu diawali dengan bacaan Yasin yang dipimpin kyai Fathoni Abdussyukur, kemudian dilanjutkan Tahlil dipimpin KH Ainur Rofiq Thoyyib, selanjutnya bacaan do’a dipimpin oleh KH Mulyadi dan KH Suratin.

Dalam sambutannya, Ketua MUI Gresik KH Mansoer Shodiq berharap, apa yang telah dilakukan mendapatkan Ridho Allah serta mendapatkan perlindungan dari seluruh marabahaya.

“Tahlil dan doa merupakan bentuk keprihatinan sekaligus memohon keada Allah karena beberapa bulan terakhir pengurus MUI telah dipanggil oleh Allah,” kata Kiyai Mansoer, Kamis (29/7/2021).

Ia menuturkan, karena dalam situasi seperti berkerumun maupun kegiatan lainnya sangatlah membahayakan diri kita serta orang lain, maka pihaknya membuat ide agar do’a secara bersama tetap disampaikan. Terlebih, doa bersama secara virtual tidak mengurangi rasa khidmat untuk mendekatkan diri pada Allah.

“Banyak pengurus yang dedikasinya kepada MUI luar biasa yang dipanggil Allah lebih dulu (nama-nama al marhum) kami minta keikhlasan kepada jajaran MUI untuk bersama sama bermunajat kepada Allah semoga al-marhum diampuni semua dosanya, diterima amal ibadahnya dan diterima disisi Allah di surganya,” pungkasnya.

Adapun, nama – nama Pengurus MUI Gresik yang saat ini dikirimkan do’a. Adalah,

1. KH. Robbach Ma’shum (Anggota Dewan Pertimbangan MUI Gresik)
2. Drs. KH. Syueb Zunaidi, M.Si (Wakil Ketua Dewan Pakar MUI Gresik)
3. Drs. H. Moh. Nadib, M.Si (Sekretaris Komisi Pemberdayaan Ekonomi Syariah MUI Gresik)
4. KH. Agus Najib Mahfudz, Lc., MM (Ketua Dewan Pertimbangan MUI kecamatan Dukun)
5. KH. Maghfur Ali (Ketua MUI kecamatan Cerme)
6. KH. Ainur Rofik, S.Pd.I., M.Si (Ketua MUI kecamatan Balongpanggang)
7. H. Sugihartono (Anggota Komisi Pemberdayaan Ekonomi Syariah)
8. Drs. KH. abdul Latif ( Ketua Dewan Pertimbangan MUI kecamatan Sangkapura)
9. KH. Ali Mudhofar (Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI kecamatan Ujungpangkah)
10. Ferianto, S.Pd (Sekretaris Umum MUI kecamatan Wringinanom)
11. Nasikin (Anggota MUI kecamatan Bungah)