Lembaga Sosial RUPS MUI Gresik Resmi Dilaunching

0
23

Cakrawala Muslim – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik resmi melauching lembaga baru berbasis sosial. Lembaga itu bernama Rumah Umat Peduli Sesama (RUPS) yang memiliki misi diantaranya membantu anak yatim dan kaum duafak.

Acara peluncuran yang digelar di Aula Masjid Agung Gresik, berlangsung khidmat. Turut hadir, Ketua MUI Gresik KH Mansoer Shodiq, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah dan Ketua DPRD Gresik H Moh Abdul Qodir dana beberapa pimpinan direksi perusahaan yang ada di Gresik.

Suasana semakin hangat, ketika proses penyerahan tanah wakaf, yang nantinya akan digunakan sebagai Pesantren Yatim Dhuafa. Mashudi selaku pemilik sebelumnya, merasa terharu dan bangga menyerahkan rumah beserta bangunan seluas 185 meter persegi.

Ketua MUI Gresik KH Mansoer Shodiq mengatakan, lembaga sosial RUPS berdiri atas keresahan selama ini. Menurutnya, MUI tidak hanya bertugas membimbing kegamaan, tapi peduli terhadap sosial.

“Ada lima konsentrasi kita dalam menjalankan program dan kerja. Pertama, terkait peduli pendidikan, artinya kita di MUI tetap ikut membangun kualitas SDM,” katanya, Rabu (27/4/2022).

Kemudian, peduli kesehatan termasuk rawat inap bagi keluarga yang tak mampu. Selanjutnya, Peduli ekonomi, sekaligus pendampingan dan Peduli dakwah, seperti berada di rutan dengan pesantren Attaubah. Terakhir, peduli kemanusiaan, menyantuni anak yatim dan memberikan bantuan kepada duafak.

“RUPS diberikan amanat, tanah 185 meter plus bangunan mewah. Karena itu saya sampaikan terimakasih kepada wakif. Semoga Allah memberikan kemudahan,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah mengatakan, atas diluncurkanya rumah peduli MUI Gresik ini menambah lembaga amil yang ada. Bisa memberikan sunbangsih masyarakat kabupaten Gresik.

“Sangat terkesan dengan usaha oleh MUI karena memang kemiskinan di Gresik sangat tinggi dibanding daerah lain, msih di atas rata-rata jawa timur. Untuk bisa menurunkan kemiskinan yang ada di Gresik,” ujarnya. (sah)