Jemput Kesuksesan Pemilu 2024, KPU Gresik Bimtek Seluruh PPS Se-Kabupaten

0
129
Foto : Makmun Komisioner KPU Gresik saat mengisi materi Bimtek Terpadu PPS se-Kabupaten Gresik. (Foto : Zainal/cakrawalamuslim.com).

CAKRAWALA MUSLIM – Dalam rangka menjemput kesuksesan Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik mengumpulkan seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) beserta Sekretariat se-Kabupaten Gresik.

Dalam kegiatan tersebut, KPU Gresik secara khusus memberikan Bimbingan Teknis Terpadu, kepada para ujung tombak penyelenggara Pemilu tingkat Desa/Kelurahan tersebut, agar Pemilu 2024 berjalan dengan sukses, di Hotel Aston Inn Gresik, Jum’at, (15/12/2023).

Makmun Komisioner KPU Gresik menyampaikan, bahwa badan ad-hoc KPU (PPK, PPS, dan KPPS yang bakal terbentuk), adalah ujung tombak KPU.

“Jika badan ad-hoc pekerjaannya beres, Pemilu 2024 akan lancar, maka dari itu, KPU memastikan badan ad-hoc bekerja on the track dan professional, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada,” terang Komisioner KPU Gresik Devisi Sosialisasi dan SDM ini.

Makmun juga menyinggung, bahwa tantangan Pemilu 2024 besok tidak hanya sekedar urusan teknis, namun juga kepercayaan publik terhadap netralitas KPU harus terus dirawat.

“Apalagi era media sosial ini, hoax sangat gampang tersebar, maka mengaktifkan media sosial masing-masing PPS sangat penting, agar informasi yang benar dan akurat bisa menyapu bersih isu-isu hoax tentang pemilu yang beredar,” tambah Makmun.

Melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih, lanjut Makmun, juga sangat penting untuk terus dilakukan oleh seluruh PPS se-Kabupaten Gresik.

“Karena secara nasional, jumlah pemilih pemuda 31,12 % dan pemilih pemula 10,94 %, maka penting untuk terus menginformasikan seluruh tahapan dan info kepemiluan, serta melakukan pendidikan pemilih, agar partisipasi masyarakat makin tinggi,” pungkas Makmun.

Sementara itu, Akhmad Roni Ketua KPU Gresik menyampaikan, agar seluruh tahapan yang dikerjakan oleh PPS harus perfect.

“Karena yang kita urusi adalah suara pemilih. Kalau kata Ketua KPU RI, Pemilu adalah arena konflik, maka sebagai penyelenggara Pemilu, kita harus perfect dalam menjalankan seluruh tahapannya,” jelasnya.

Hadir pula dalam kegiatan tadi Komisioner KPU Gresik Ahmad Sidiq Notonegoro, Kholyatul Mudznibah, dan Alam Amrullah.

Sebagai informasi, Bimtek Terpadu KPU Gresik dibagi dalam empat gelombang, gelombang satu yang diadakan hari ini, melibatkan Kecamatan Manyar, Duduksampeyan, Gresik dan Kebomas, adapun Kecamatan lain, dilaksanakan tanggal 17, 18, dan 19 Desember 2023. (is/cm)