5 Nominator Terbaik Asesmen MUI Kecamatan Sampaikan Presentasi di Kantor MUI Gresik

0
572
Foto : Salah satu MUI Kecamatan, saat menyampaikan presentasi di depan Dewan Pimpinan MUI Gresik dan tim asesmen. (Foto : Zainal/Cakrawalamuslim).

CAKRAWALA MUSLIM – Program Asesmen MUI Kecamatan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik, sebagai tindak lanjut program pembinaan, kini telah sampai pada tahapan presentasi 5 (lima) nominator terbaik.

MUI Kecamatan yang terpilih menjadi 5 nominator terbaik adalah, MUI Kecamatan Kedamean, Menganti, Balongpanggang, Manyar serta Gresik.

Kelimanya melakukan presentasi didepan para tim asesmen, yaitu H Nur Faqih, H Wahyani Ahmad, H Muslih Hasyim, dan Hj Nafi’atus Sa’adah, serta disaksikan secara langsung oleh Ketua Umum KH Mansoer Shodiq, Wakil Ketua KH Ainur Rofiq Thoyyib, dan Sekretaris Umum KH Abdul Munif, di Kantor MUI Gresik, pada Senin (23/10/2023).

Dalam sambutannya, Kiai Mansoer menyampaikan apresiasi penuh, pada lima MUI Kecamatan yang terpilih, karena telah menunjukkan kesungguhan dan dedikasi, dalam upaya memaksimalkan kerja-kerja perkhidmatan pada umat.

“Itu artinya, MUI Kecamatan sudah melakukan kesungguhan pelaksanaan organisasi, tinggal nanti bagaimana presentasinya bisa meyakinkan tim asesmen,” terang Kiai Mansoer.

Lanjut Beliau, keseriusan para nominator terbaik ini, telah dinilai oleh para tim asesmen, dalam penilaian dokumen. Dan itu tidak terlepas dari perencanaan, pelaksaan, evaluasi sekaligus tindak lanjut program-program yang dilakukan oleh para nominator terbaik.

“Bahwa kelima MUI Kecamatan ini, semuanya baik, namun nanti oleh tim asesmen akan dinilai, hingga mengerucut ada tiga MUI Kecamatan terbaik,” terang Kiai Mansoer.

Foto : Kiai Mansoer saat menyampaikan sambutan, sebelum para nominator MUI Kecamatan terbaik melakukan presentasi. (Foto : Zainal/Cakrawalamuslim).

Adapun beberapa hal yang dipresentasikan oleh para nomiator adalah, visi misi dan tatakelola organisasi, pengelolaan organisasi, pelayanan kepada masyarakat, dan terakhir program inovatif.

Perlu diketahui, bahwa tahapan presentasi oleh 5 nominator MUI Kecamatan terbaik ini, merupakan tahapan keenam, yang sebelumnya sudah dilakukan adalah penyusunan buku panduan dan juknis pada April, pembuatan aplikasi MUIC pada Mei, sosialisasi pada Juni, pengisian dokumen Juli-September, serta penilaian berkas pada 5 Oktober 2023.

Selanjutnya, untuk menindaklanjuti presentasi kelima nominator, tim asesmen akan melakukan rapat, serta jika diperlukan, akan dilakukan visitasi lapangan. (is/cm)