Jelang Idul Adha, MUI dan MAG Gresik Adakan Sosialisasi Penyembelihan Hewan Qurban

0
32
Foto : Kyai Mansoer Ketua Umum MUI Gresik saat menyampaikan sambutan di depan para peserta, dalam acara sosialisasi penyembelihan hewan qurban.

CAKRAWALA MUSLIM – Menjelang Idul Adha 1444 H, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik bersama Takmir Masjid Agung Gresik (MAG), mengadakan sosialisasi penyembelihan hewan qurban yang halal dan higienis.

Acara yang terlaksana di Aula Kantor MUI Gresik ini, mengundang peserta dari perwakilan MUI Kecamatan se-Kabupaten Gresik dan Takmir Masjid Kecamatan se-Kabupeten Gresik, pada Selasa (20/6/2023).

Dalam sambutannya, Ketua Umum MUI Gresik menyampaikan, bahwa latar belakang di adakannya sosialisasi ini, karena ada beberapa temuan penyembelihan hewan qurban yang kurang memberhatikan etika menyembelih hewan.

“Kadang ada yang lokasi penyembelihannya sempit, sehingga hewan yang akan di sembelih jaraknya dekat dengan yang sudah di sembelih, sehingga hewan tersebut mudah stress, ada juga yang kurang mempeehatikan kebersihannya,” jelas KH. M. Mansoer Shodiq.

Sehingga dalam sosialisasi ini, akan di ulas bagaimana cara memperlakukan hewan qurban dengan benar, baik secara syariat serta higienis.

“Kami MUI Gresik juga mengucapkan terimakasih kepada pihak MAG, yang sudah bersedia kita ajak kerjasama untuk pelaksanaan program ini,” tambah Beliau.

Kemudian perwakilan Takmir Masjid Agung KH. Munhamir, mengucapkan terimakasih kepada MUI Gresik, yang mengajak kerjasama terkait sosialisasi penyembelihan hewan qurban ini.

“Semoga kita semua bisa mengambil manfaat dan mendapat barokah dari sosialisasi ini, serta bisa mengamalkan ilmunya saat Idul Adha mendatang,” ucap KH. Munhamir.

Adapun materi dalam sosialisasi tadi adalah, Fiqih Qurban oleh KH. Fathoni Muhammad dari komisi fatwa MUI Gresik, kemudian KH. Ainur Rofiq Thoyyib Wakil Ketua MUI Gresik yang menjelaskan Fatwa MUI No. 34 tahun 2023 tentang Hukum dan Panduan Pelaksanaan Ibadan Kurban saat Merebaknya penyakit Lumpy Skin Desease (LSD) dan antisipasi penyakit Paste Des Petitis Ruminants pada hewan kurban.

Selain itu, juga ada materi Tatacara perawatan, kesejahteraan dan pemotongan hewan Qurban yang higienis dari Dinas Pertanian Kabupaten Gresik.

Acara berlangsung cukup meriah, dengan di warnai beberapa tanya jawab dari peserta, yang sangat antusias menyimak materi-materi tersebut. (is/cm)