Teguhkan Posisi sebagai Shodiqul Hukumah, MUI Gresik Ambil Tema Ulama Umara Bersatu dalam Peresmian Kantor Baru

0
177
Ketua Umum MUI Gresik KH. Mansoer Shodiq saat memberikan sambutan dalam sebuah acara MUI Gresik.

CAKRAWALA MUSLIM – Sebagai ‘Perkumpulan Ulama’ yang salah satu tugas utamanya adalah sebagai mitra strategis pemerintah, terutama dalam menghadapi berbagai masalah aktual terkait problem keumatan.

Majelis Ulama’ Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik meneguhkan posisinya tersebut, dengan mengambil tema ‘Ulama Umara Bersatu Untuk Kebangkitan Umat’, dalam peresmian Kantor Baru MUI Gresik.

Menurut penuturan Ketua Umum MUI Gresik, KH. Mansoer Shodiq, bersatunya Ulama dan Umara ini, sudah terbukti menjadi ramuan yang mujarab, bagi penyelesaian problem-problem seputar keumatan yang mencuat.

“Kita ambil contoh, bagaimana pandemi covid yang begitu dahsyat, alhamdulillah bisa kita lalui dengan kerja-kerja kolaborasi, yang kita arahkan untuk kemaslahatan umat,” jelas Kyai Mansoer kepada cakrawalamuslim pada Selasa, (21/2/2023).

Menyambung dengan tema peresmian kantor, Kyai Mansoer menyebut, bahwa tugas bersama saat ini, adalah bagaimana antara Ulama dan Umara, berkolaborasi agar kebangkitan umat, terutama urusan ekonomi setelah pandemi.

Mengarahkan Program MUI Gresik yang Berkelanjutan

Selain meneguhkan sebagai shodiqul hukumah, Kyai Mansoer juga menerangkan bahwa, program MUI Gresik kedepan akan semaksimal mungkin di design agar menjadi program yang sustainable (berkelanjutan).

“Berbagai program berkelanjutan sudah dimulai MUI Gresik, seperti mendirikan Koperasi Syariah, mendirikan Pesantran at-Taubah di dalam Rutan kelas IIB Gresik, menyelenggarakan bimbingan rohani bagi pasien di RS Ibnu Sina dan Semen Gresik,” terang Kyai Mansoer.

Juga lanjut Kyai Mansoer, ada bimbingan konseling bagi pemohon dispensasi pernikahan dini di Pengadilan Agama Gresik, mendirikan Rumah Umat Peduli Sesama (RUPS) untuk yatim dan dhuafa, serta pusat layanan sertifikasi Halal (PLSH) yang akan mendukung pengembangan usaha umat.

Tidak ketinggalan pula, menyadari betul atas perlunya perhatian lebih kepada para pemuda, MUI Gresik juga mengadakan program MUI Lenial yang menyasar kaum muda.

“Yang telah dilakukan MUI Gresik untuk mengkader para pemuda, agar tetap dalam bimbingan kami, kami mengadakan Pendidikan Kader Ulama dan Dakwah Digital,” tambah Kyai Mansoer.

Berbagai program yang bersifat sustainable tersebut, lanjut Kyai Mansoer, akan selalu menjadi perhatian utama MUI Gresik dalam mengembangan organisasi kedepan.

Sebagai informasi, peresmian Kantor Baru MUI Gresik, akan dilaksanakan di halaman kompleks Masjid Agung Gresik oleh Bupati Gresik, Gus Yani pada Rabu pagi (22/2/2023). (is/cm)