Persiapan Idul Qurban, MUI Kebomas Gelar Pelatihan Penyembelihan Beserta Praktiknya

0
10
Foto : Kiai Mansoer (dua dari kiri) saat menyampaikan sambutan, didampingi Camat Kebomas dan Ketua MUI Kebomas. (Sumber : muikebomas)

CAKRAWALA MUSLIM – Guna melakukan persiapan menjelang Idul Adha 1445 H., Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Kebomas menggelar pelatihan penyembelihan hewan qurban dan cara pengasahan pisau, di Pendopo Kecamatan Kebomas, Kamis (2/5/2024).

Dalam pelatihan tersebut, MUI Kebomas langsung mendatangkan Juru Sembelih Hewan (Juleha) Kabupaten Gresik.

Menurut KH Munhamir Ketua MUI Kebomas, kegiatan ini dilakukan dengan mengundang masing-masing desa atau kelurahan sebanyak 2 orang, dari Pemuda Muhammadiyah 3 orang, dari Ansor 5 orang, dan pengurus MUI Kecamatan Kebomas.

“Alhamdulillah responnya cukup bagus, banyak yang antusias, serta istimewanya kita bisa langsung praktik, dengan menyembelih satu kambing pemberian Bapak Camat Kebomas,” jelas Beliau.

Foto : Praktik menyembelih kambing, oleh peserta pelatihan. (Sumber : muikebomas)

Kemudian, Ketua MUI Kabupaten Gresik, KH Mansoer Shodiq yang hadir, meminta para juru sembelih, agar memperhatikan kondisi hewan qurban dengan seksama.

“Saat memotong hewan kurban, upayakan agar hewan yang belum dipotong tidak melihat langsung hewan lain yang di sembelih. Sebab hal ini bisa menyebabkan hewan stres,” kata Kiai Mansoer.

Sementara itu, Juleha Gresik Abdul Malik Malibari menerangkan bahwa selain harus dipastikan hewannya memenuhi syarat, juga cara menyembelih harus baik dan benar.

“Cara morobohkan sapi sebelum dipotong, kalau tahu ilmunya ya cukup mudah, namun bagi yang kurang ilmu dan pengalaman tentu hewan kurban akan dipaksa untuk tidur dan berdampak stres,” jelasnya.

Selain Kiai Mansoer dan Kiai Munhamir, Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Camat Kebomas Tri Joko Efendi. (is/cm)