Kunjungi Bawean, MUI Kabupaten Gresik Lakukan Penguatan Kelembagaan Pada MUI Sangkapura dan Tambak

0
2
Foto : Kegiatan di MUI Kecamatan Sangkapura. (Sumber : MUI Sangkapura).

CAKRAWALA MUSLIM – Sebagai bentuk pembinaan organisasi, MUI Kabupaten Gresik melakukan kunjungan langsung ke MUI Kecamatan Sangkapura dan Tambak, yang dilakukan langsung oleh Wakil Ketua Umum KH Ainur Rofiq Thoyyib dan Sekretaris Umum KH Abdul Munif.

Dalam kunjungan tersebut, MUI Gresik mengadakan kegiatan Penguatan Kelembagaan untuk MUI Kecamatan Sangkapura, di Hotel Miranda, Sangkapura, Senin (29/4/2024), sementara untuk MUI Kecamatan Tambak, dilakukan di MI Mambaul Falah, Tambilung Tambak, Selasa (30/4/2024).

Dalam arahannya, KH Abdul Munif menyampaikan, bahwa penguatan kelembagaan ini bertujuan untuk memaksimalkan kerja organisasi MUI ditingkat kecamatan.

“Karena peran MUI Kecamatan ini ditunggu oleh umat, mengingat banyak permasalahan di masyarakat yang harus kita respon,” jelas H Munif.

Kemudian, H Munif juga mendorong MUI Sangkapura dan Tambak untuk bermitra dengan berbagai pihak, agar pelayanan kepada umat bisa maksimal.

“Jadi harus dijalin semua kemitraan dengan berbagai pihak, seperti Camat, Kapolsek, Danramil, dan lain-lain, karena akan memudahkan MUI dalam menjalankan perannya,” lanjut Beliau.

Untuk itu, lanjut H Munif, mengingat banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan, Beliau mendorong MUI Sangkapura dan Tambak untuk membentuk tim perumus.

“Jadi silahkan dibentuk tim perumus, nanti bisa ditugaskan ulama-ulama muda disini, tugasnya untuk merumuskan pekerjaan pokok yang akan dilakukan, sehingga bisa meringankan beban pimpinan MUI,” jelas Beliau.

Sementara itu, Kiai Masyhudi Wasbi Ketua MUI Sangkapura, menyampaikan perkembangan MUI Sangkapura.

“Untuk kegiatan MUI disini, saat ini kita sedang fokus untuk memberantas judi sabung ayam, alhamdulillah saat ini jumlahnya terus berkurang disini,” jelas Beliau.

Kiai Masyhudi juga menyampaikan terimakasih atas perhatian MUI Kabupaten, termasuk sudah diusahakan untuk mengirim ratusan bantuan sarung pasca bencana gempa bumi lalu.

Foto : Kegiatan di MUI Tambak (Sumber : MUI Tambak).

Kemudian, KH Abdul Haris Wakil Ketua MUI Tambak juga menyampaikan perkemgan MUI Tambak.

“Alhamdulillah MUI disini kemarin melakukan safari ramadhan, meski banyak yang harus diperbaiki, kedepan insyaallah kita siap melakukan perbaikan,” jelas Beliau.

Selain itu, kegiatan tersebut sekaligus menyerahkan dana dari MUI Kabupaten ke MUI Sangkapura dan Tambak berjumlah Rp. 7.500.000, untuk kegiatan operasional organisasi.

Acara kemudian ditutup dengan doa oleh KH Ainur Rofiq Thoyyib, serta dihadiri juga oleh Camat, Kapolsek dan Danramil Sangkapura. Untuk kegiatan di Tambak, juga dihadiri oleh Sekcam, dan Danramil Tambak (is/cm)