Buka Kegiatan Presentasi 5 MUI Kabupaten Terbaik, KH. Hasan Mutawakkil Ajak Perkuat Perangkat Organisasi

0
149
Foto : KH. KH. Hasan Mutawakkil Alallah Ketua Umum MUI Jawa Timur (tengah) memberi arahan kepada para pimpinan MUI Kabupaten / Kota.

CAKRAWALA MUSLIM – Dalam pembukaan kegiatan presentasi 5 nominator terbaik dalam akreditasi MUI se-Jawa Timur, KH. Hasan Mutawakkil Alallah mengajak kepada para pimpinan MUI Kabupaten / Kota, untuk memperbaiki dan menata perangkat organisasi MUI dengan baik, Rabu (21/12/2022).

Ketua Umum MUI Jawa Timur tersebut, dalam rangka agar perkumpulan para ulama’ ini, dapat dengan baik menjadi pelayan umat muslim di daerahnya masing-masing.

“Karena tugas utama MUI adalah untuk menjadi shodiqul hukumah (mitra pemerintah) dalam rangka khodimul umat (melayani umat), ini hanya bisa ketika sebagai organisasi, MUI mempunyai perangkat organisasi yang kuat,” jelas Kyai Mutawakkil di Kantor MUI Jawa Timur.

Kyai asal pesantren Zainul Hasan Genggong, Probolinggo ini, mencontohkan yang dilakukan oleh MUI Jatim, yaitu fokus memperbaiki dan menata perangkat organisasi.

“Alhamdulillah, melalui kerja keras itu, seluruh program yang di canangkan MUI Jawa Timur dapat terlaksana, melalui kerjasama yang baik juga antara kita dengan pemerintah provinsi,” jelas Kyai Mutawakkil.

Sebagai ganjarannya, MUI Jawa Timur di nobatkan sebagai MUI Terbaik se-Indonesia oleh MUI Pusat, semangat itulah yang di bawa dalam akreditasi MUI Kabupaten / Kota se-Jawa Timur ini.

“Yang perlu di garis bawahi juga, akreditasi ini bukan menilai kemampuan para kyainya, namun menilai sejauh mana efektifitas MUI sebagai perkumpulan ulama, dalam mengelola organisasi dengan efektif. Maka, kita ingin menata sistem organisasi MUI melalui akreditasi ini,” lanjutnya.

Ia juga mengungkapkan, dari 38 MUI Kabupaten / Kota, tersisa 32 yang lolos akresitasi, dan 5 daerah termasuk MUI Gresik adalah yang terbaik.

Terakhir, beliau mengungkapkan bahwa kegiatan akreditasi MUI se Jawa Timur ini, rencananya akan di tutup dengan agenda MUI Jatim Award serta di hadiri oleh Ibu Gubernur Khofifah Indar Parawansa. (is/cm)