AYO BACA AL-QURAN (Part 2)

900
1973

Seorang guru besar di Semarang terkena penyakit dalam yang parah. Dia bahkan telah divonis team dokter bahwa usianya tinggal empat bulan.

Sadar akan hal itu, ia lalu menggunakan waktu yang tersisa itu untuk dzikir dan membaca Al-Quran. Siang malam dia melakukannya. Tiada saat terlewat tanpa membaca kalam ilahi itu. ” Toh, usiaku secara medis tinggal empat bulan, sehingga selama 4 bulan ini harus aku maksimalkan untuk berdzikir dan membaca Al-Quran.” begitu kira-kira prinsip dosen senior itu.

Namun ajaibnya, setelah empat bulan lewat lelaki ini malah semakin sehat. Saat dirinya kembali ke rumah sakit untuk kontrol kesehatan, para dokter yang dulu memvonisnya terbengong, takjub dan heran. Sebab penyakit yang diderita lelaki itu telah hilang. Lelaki dosen itu sembuh total dari penyakitnya. Dia merasa badannya terasa lebih sehat dan segar dibanding sebelumnya.

Kejadian itu hanya satu saja dari banyak kejadian lain yang serupa. Yang intinya memang ada perubahan dalam tubuh orang yang konsisten membaca Al-Quran. Hal itu memang cukup masuk akal, karena orang yang secara istiqomah membaca Al-Quran, atau orang yang sedang dalam proses menghafal Al-Quran maka imunitas (kekebalan) tubuhnya akan meningkat. Seperti dijelaskan dalam hadits lain, bahwa dari setiap huruf yang dibaca ia akan memperoleh sepuluh kebaikan, sepuluh energi positif.

Peristiwa ini mengingatkan kita pada sebuah hadits qudsy yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id Al- Khudri. Di dalam hadits qudsy tersebut Allah berkata:

من شغله القران وذكري عن مسالتي لاعطينه فوق ما اعطي الساءلين كلهم

“Barang siapa yang disibukkan dengan membaca Al-Quran serta mengingat-Ku, sehingga ia tidak sempat meminta kepada-Ku, maka sungguh Aku akan memberinya lebih dari yang Kuberikan pada segenap makhluk-Ku yang lain. ”

Oleh karena itu, wahai saudaraku sesibuk apapun diri anda, tetaplah berusaha untuk meluangkan waktu meski beberapa menit setiap harinya untuk secara istiqamah membaca al-qur’an. Jika Anda​ memiliki banyak kesibukan sehingga tidak sempat membaca Al-Quran, sejak sekarang masukkanlah “baca Al-Quran” sebagai salah satu kesibukan Anda. Sehingga kita tidak menjadi orang yang diabaikan Allah karena kita telah mengabaikan kitab sucinya. Seperti firman Allah dalam surah Thaha ayat:124

ومن اعرض عن ذكري فان له معيشة ضنكا

“Dan barang siapa yang berpaling dari peringatan-Ku (Al Qur’an), maka sesungguhnya bagi orang tersebut penghidupan yang sempit.”

Maka saat kita merasa memiliki penghidupan yang kita rasakan sempit, kita layak bertanya pada diri sendiri. Melakukan instrospeksi. Apalagi saat ini bulan romadhon, bulan saat Al-Quran diturunkan.

#gerakanbacaalquran
#ojolalingaji#tomboati
#alquranobatsegalapenyakit

 

 

 

by : @ahmadrofiq_79

Comments are closed.