Pastikan Penyelenggara Pemilu Adhoc Sehat, KPU Gresik Lakukan Skrining Riwayat Kesehatan

0
70
Foto : Makmun Komisioner KPU Gresik Devisi Sosialisasi dan SDM (kiri), saat menyampaikan arahan dalam Rakor dengan PPK se-Kabupaten Gresik. (Foto : Zainal/cakrawalamuslim).

CAKRAWALA MUSLIM – Belajar banyak dari gelaran pemilihan umum tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melakukan persiapan maksimal, terutama dalam memastikan kesehatan para penyelenggara pemilu sampai tingkat TPS.

Kali ini, KPU Gresik melakukan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Skrining Riwayat Kesehatan bagi Badan Adhoc Pemilihan Umum tahun 2024, bersama PPK se-Kabupaten Gresik, di Hotel Santika, Gresik, Sabtu (20/1/2024).

Makmun Komisioner KPU Gresik Devisi Sosialisasi dan SDM menyampaikan, bahwa program skrining kesehatan ini, terlaksana berkat kerjasama antara BPJS Kesehatan, KPU, Bawaslu dan Kemendagri.

“Karakter KPU adalah lembaga yang bersifat layanan, terutama melayani peserta pemilu maupun pemilih. Maka dari itu, sebelum dapat melayani, kita harus pastikan kesehatannya,” kata Makmun.

Lebih lanjut, Makmun mengatakan kita harus dapat meyakinkan pada publik, bahwa pemilu serentak 2024 ini, KPU sudah membuat sistem yang bagus, termasuk skrining kesehatan.

“Kami juga berterimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Gresik, yang sudah memberikan fasilitasi berupa pengurangan biaya cek kesehatan bagi calon KPPS beberapa waktu yang lalu,” jelas Makmun.

Dalam kesempatan itu, KPU Gresik menghadirkan BPJS Kesehatan Gresik, yang diwakili Aprilia Rahmawati dan Oji Septyo, yang menjelaskan tentang sistem JKN dan teknis skrining kesehatan.

Serta Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik yang diwakili dr Rini Setyoasih, yang menjelaskan tentang sistem UHC (Universal Health Coverage), yang telah berlaku di Kabupaten Gresik. (is/cm)