PPKM Darurat Covid-19, MUI Gresik Serukan Baca Qunut Nazilah Setiap Sholat Fardlu

0
282
Ketua MUI Gresik KH. Mansoer Shodiq

CAKRAWALA MUSLIM – Dalam mendukung penerapan PPKM Darurat Covid-19, Majlis Ulama’ Indonesia (MUI) Gresik menerbitkan tausyiah. Diantara isinya menyerukan agar seluruh umat muslim membaca qunut nazilah setiap sholat wajib atau sholat fardu.

Qunut Nazilah adalah doa yang dibaca pada saat berdiri setelah rukuk pada rakaat terakhir. Qunut ini dibaca khususnya untuk menangkal malapetaka, musibah dan bencana agar segera keluar dari keburukan-keburukan tersebut.

Ketua MUI Gresik KH Mansoer Shodiq mengatakan, selama pandemi umat muslim diserukan agar semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan meningkatkan keimanan, ketaqwaan, keikhlasan, memperbanyak berdzikir, membaca Al-Qur’an. Serta memohon pertolongan kepada Allah SWT agar Pandemi Covid-19 dengan berbagai variannya segera berakhir.

“Melakukan amalan khusus diantaranya membaca Qunut Nazilah pada setiap sholat fardlu, membaca do’a Tasbih Nabi Yunus dan lain-lain,” katanya, Senin (5/7/2021).

Selain itu, dalam sholat rawatib atau sholat wajib, MUI menyerukan agar Masjid maupun mushalla tetap menyerukan adzan yang dilakukan oleh petugas rutin melakukan adzan. Sedangkan untuk para jama’ah dianjurkan berjama’ah di rumah masing-masing dan boleh mengantikan sholat Jum’at dengan shalat dhuhur.

“Untuk shalat rawatib dapat mengambil rukhshah dengan melaksanakan shalat berjamaah bersama keluarga di rumah masing-masing,” paparnya.

Adapun, kegiatan yang menimbulkan kerumunan seperti pengajian, majlis taklim, tahlil, istighatsah dan sejenisnya untuk sementara mengambil langkah tawaqquf (penghentian sementara). Hal ini supaya memutus mata rantai penyebaran virus supaya tidak berkerumun.

“MUI juga mengajak kepada masyarakat untuk saling membantu antar sesama, khususnya tetangga terdekat yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah,” tukasnya. (sah)