Kunjungi Rumah Pintar Pemilu, Siswa SMA Semen Gresik Dibekali KPU Materi Pentingnya Pemilu

0
150
SOSIALISASI PEMILU 2024 : Makmun Komisioner KPU Gresik Devisi Sosialisasi dan SDM tampak serius menjelaskan gambaran TPS Pemilu 2024, pada siswa SMA Semen Gresik. (Foto : Zainal/cakrawalamuslim).

CAKRAWALA MUSLIM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik terus melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, demi suksesnya penyelenggaraan pemilihan umum 2024. Hal tersebut diwujudkan dengan kedatangan 50 siswa kelas XI SMA Semen Gresik, ke Kantor KPU Gresik, Jl. Wahidin Sudirohusodo, Selasa (19/9/2023).

Maksud kedatangan para siswa itu, adalah implementasi kurikulum merdeka, yaitu P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) bertema Suara Demokrasi, dengan mengunjungi Rumah Pintar Pemilu (RPP) Raden Paku KPU Gresik. Di saat bersamaan, ini juga momen sosialisasi Pemilu 2024, yang menjadi hajat besar bangsa Indonesia.

Di sana, para siswa melihat dan mengamati laboratorium demokrasi dan kepemiluan milik KPU Gresik, yang berisi tentang sejarah dan wawasan kepemiluan, bilik suara, hasil pemilu dari masa ke masa, sampai maskot Pemilu 2024 Sura dan Sulu.

Makmun komisioner KPU Gresik Devisi Sosialisasi dan SDM yang mendampingi langsung para siswa, menjelaskan arti penting pemilu 2024, agar para pemilih pemula tergerak untuk menggunakan hak pilihnya dengan benar dan jujur.

“Pertama, pemilu ini adalah sebagai perwujudan kedaulatan rakyat. Kalau kita belajar sistem demokrasi, secara umum punya definisi sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Setiap lima tahun sekali, perwujudkan kedaulatan rakyat itu diimplementasikan melalui pemilihan umum, maka jangan sampai kalian semua menjual kedaulatan tersebut dengan harga berapapun,” kata Makmun, di depan para siswa.

Yang kedua lanjut Makmun, untuk menjamin pergantian kekuasaan secara damai, karena dulu sebelum ada pemilu, pergantian kekuasaan itu identik dengan perang berdarah. Di era sekarang, pertempuran yang sah dan legal ini melalui pemilu, yang diatur undang-undang dengan jelas.

“Ketiga adalah sebagai sarana evaluasi kepemimpinan bangsa, karena melalui pemilu, rakyat bisa mengevaluasi pemimpinnya, yang dirasa baik oleh rakyat akan dipilih lagi begitu sebaliknya, makanya kita semua harus jadi pemilih yang cerdas,” tambah Makmun.

Selain itu, Ia juga menjelaskan bahwa pemilu akan dilaksanakan berdasar asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Serta dengan prinsip mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proposional, profesional, akuntabel, efektif dan efisien.

Komisioner KPU Gresik dua periode ini juga menjelaskan, bahwa dalam menyelenggarakan pemilu, KPU tidak sendirian, ada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP).

“Secara singkat, KPU punya tugas melaksanakan teknis pemilu, kalau Bawaslu bertugas mengawasi penyelenggaraan pemilu. Agar KPU dan Bawaslu terjaga kehormatannya, ada DKPP yang mengawasi kedua lembaga itu, agar sesuai dengan aturan yang berlaku,” pungkas Makmun.

Foto bersama dengan pose KPU Melayani, bersama para siswa SMA Semen Gresik di Rumah Pintar Pemilu Raden Paku KPU Gresik. (Foto : Zainal/cakrawalamuslim)

Pemaparan Makmun tersebut, banyak direspon positif oleh para siswa SMA Semen Gresik, salah satunya Doni, yang mengaku banyak mendapat wawasan baru tentang demokrasi.

“Dari sini saya tahu, jika kita tidak boleh menerima imbalan apapun seperti uang agar memilih calon tertentu, karena saat ini marak terjadi suap-suap seperti itu. Harusnya para calon juga bermain bersih dalam pemilu, karena yang harus kita pilih adalah calon yang bersih dan berintegritas,” kata siswa kelas XI itu.

Sementara itu turut hadir dan membuka kegiatan, komisioner KPU Gresik Devisi Teknis Penyelenggaraan Alam Amrullah yang mengungkapkan bahagia adik-adik SMA Semen Gresik datang dengan antusias ke KPU.

“Jadi KPU merupakan lembaga yang mempunyai wewenang menyelenggarakan Pemilu di Indonesia, dan saat ini adalah tahapan pelaksanaan pemilu serempak 2024, maka kedatangan adik-adik kita sambut dengan senang hati,” terang Alam.

Tidak ketinggalan, Sri Utami Guru SMA Semen Gresik yang merupakan penanggung jawab pelaksanaan P5 dengan tema suara demorkasi, mengucapkan terimakasih pada KPU Gresik yang menerima para anak didiknya dengan terbuka. (is/cm)