Jadi Narasumber di LAKUT PC IPNU-IPPNU Gresik, Makmun Ajak Pelajar NU Ikut Membangun Demokrasi

0
148
Tampak Serius : Komisioner KPU Gresik Devisi Sosialisasi dan SDM Makmun saat menjadi narasumber di Latian Kader Utama PC IPNU-IPPNU Gresik.

CAKRAWALA MUSLIM – Di undang menjadi narasumber dalam Latihan Kader Utama (LAKUT) PC IPNU-IPPNU Gresik, Makmun mengajak para anak muda yang menjadi peserta pelatihan tersebut, untuk ikut serta dalam membangun demokrasi.

Ajakan itu bukanlah tanpa alasan, Komisioner KPU Gresik Devisi Sosialisasi dan SDM tersebut, menjelaskan bahwa pemuda hari ini, khususnya para pelajar NU, tidak boleh cuek dengan demokrasi di Indonesia yang terus berkembang.

“Terbangunnya demokratisasi di negara kita, tidak terlepas dari peran pemuda, terutama kaum muda nahdliyin, maka penting bagi para ‘Kader Utama’ IPNU-IPPNU Gresik, untuk berperan juga dalam proses demokrasi di Indonesia,” jelas Makmun, pada Jum’at, (17/03/2023).

Dalam acara yang terselenggara di PP. Al-Miftah Bungah Gresik ini, Makmun juga menyampaikan, bahwa ikut serta membangun demokrasi Indonesia yang lebih baik, bisa dilakukan dengan banyak hal.

“Seperti melakukan pengkaderan kaum muda dengan materi kebangsaan, bisa juga dengan ikut serta menjadi penyelenggara Pemilu 2024, yang juga menjadi bagian tidak terpisahkan dari sistem demokrasi Indonesia,” tambahnya.

Ia juga menambahkan, kalau saat ini para pelajar NU tidak boleh minder, ketika ikut dalam membangun demokrasi, karena sebagai negara demokrasi, warga negara punya hak yang sama dan di jamin oleh konstitusi.

“Negara kita sudah mengambil bentuk final sebagai sebagai negara demokrasi, maka semua warga negara, tidak terkecuali kalian semua, punya hak yang sama untuk berpartisipasi dalam membangun bangsa dan negara,” jelas Makmun.

Ia juga mengajak, kepada para pelajar NU, guna menyongsong Pemilu 2024 nanti, anak muda nahdliyin juga harus ikut berpartisipasi, agar bisa lahir para pemimpin bangsa yang berkualitas.

“Karena salah satu instrumen berjalannya demokrasi di Indonesia, adalah terselenggaranya pemilihan umum, untuk memilih pemimpin, guna melanjutkan pembangunan demokrasi di Indonesia,” pungkas Makmun.

Sementara itu, salah satu peserta dari PAC IPNU Manyar M. Ahsin, meniyakan yang di sampaikan Narasumber, yaitu terkait keikutartaan anak muda NU untuk mewarnai demokrasi di Indonesia.

“Karena demokrasi ini kan juga sudah di sepakati oleh muassis NU, jadi sebagai anak muda Nahdliyin, kita harus siap untuk turut serta membangun bangsa,” ungkapnya. (is/cm)