Tingkatkan pelayanan Umat, MUI Gresik selenggarakan Workshop Standarisasi Produk Halal

0
14

CAKRAWALA MUSLIM – Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Gresik menggelar Workshop “Standardisasi Penetapan Fatwa Produk Halal”. Kegiatan yang diprakarsai Komisi Fatwa MUI Gresik tersebut berlokasi di Aula Masjid Agung Gresik, Rabu (7/9/2022).

Tak kurang dari 50 peserta hadir mengikuti kegiatan tersebut, terdiri dari jajaran pengurus MUI Kabupaten Gresik, Pendamping Sertifikasi Produk Halal, dan Tokoh Agama.

Hadir secara langsung, Ketua MUI Kabupaten Gresik, Drs KH. M. Mansoer Shodiq, M.Ag dan Sekretaris Umum MUI Kabupaten Gresik, Drs. KH. Abdul Munif, M.Ag. Adapun narasumber yang hadir mengisi kegiatan tersebut, adalah KH. Ainul Yaqin, Ketua MUI Jawa Timur dan KH Sholihin Hasan, Sekretaris Komisi Fatwa MUI Jawa Timur.

Dalam sambutannya kyai Mansoer menyampaikan urgensi kegiatan workshop tersebut, yaitu memastikan bahwa untuk merespon Fatwa MUI pusat dan PP. 39 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal, maka MUI Gresik dengan cepat menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang menunjang percepatan sertifikasi produk halal.

“Merespon Edaran MUI Pusat dan PP. 39 tahun 2021 tentang Produk Halal, kami di Gresik melakukan langkah-langkah untuk mempercepat sertifikasi produk halal, di antaranya telah diadakan sosialisasi sertifikasi produk halal kepada UMKM Kabupaten Gresik bekerja sama dengan PT. Semen Gresik, dan kegiatan Workshop pagi hari ini”, terangnya.

Diketahui, MUI Gresik telah mencetak Pendamping Sertifikasi Produk Halal setelah diadakan Pelatihan Pendamping Produk Halal pada bulan Juli 2022 bekerja sama dengan ISNU dan BPJH Jawa Timur.

KH. Mansoer juga menyampaikan harapannya, bahwa UMKM di Gresik bisa terlayani dengan baik dalam pengurusan Sertifikasi Produk Halal.

“Kami berharap, setelah dilakukan pelatihan pendamping produk halal, sosialisasi sertifikasi produk halal, dan Workshop standardisasi fatwa produk halal ini, kami bisa melayani UMKM yang ada di Gresik agar bisa segera mendapatkan sertifikasi produk halal”, tutupnya. (Lil/CM)