Bantu Pemerintah Tekan Penyebaran Narkoba, Ganas Annar Gresik Dilantik

0
2

CAKRAWALA MUSLIM – Pengurus Cabang Gerakan Nasional Anti Narkoba (Ganas Annar) MUI Kabupaten Gresik Periode 2020-2025 dilantik, Kamis (7/1/2021. Pelantikan dipandu oleh Pimpinan Wilayah Ganas Annar Jawa Timur di Aula Masjid Agung Jalan Dr.Wahidin Soedirohusodo, Kebomas Gresik.

Pelantikan badan otonom MUI yang bergerak di bidang penanggulangan narkoba Kabupaten Gresik ini dipimpin oleh Ketua PW Gannas Annar Jatim, KH Abd Mutholib. Adapun Ketua Gannas Annar Kabupaten Gresik adalah Drs Syifa’ul Qulub.

Dalam sambutannya, Ketua PW Ganas Annar Jatim, KH Mutholib menyampaikan Ganas Annar merupakan Banom MUI memiliki peran penting yang bertugas menekan penyebaran narkoba pada masyarakat, tidak terkecuali juga kepada para remaja dan santri yang juga dimungkinkan terpapar narkoba, khususnya di Kabupaten Gresik.

“Seiring luasnya cakupan program yang ada di MUI, maka dengan adanya Gannar Annar ini telah membantu dakwah transformatif, dimana tugasnya yaitu menekan penyebaran narkoba pada masyarakat, tidak terkecuali juga kepada para remaja dan santri yang juga dimungkinkan terpapar narkoba,” katanya.

Sementara itu, Ketua Cabang Ganas Annar Kabupaten Gresik, Syifa’ul Qulub mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan membentuk struktur tingkat kecamatan hingga desa, mengingat tugas dan fungsi Ganas Annar lebih pada sosialisasi dan rehabilitasi.

“Mengingat tugas Ganas Annar lebih pada Nahi Munkar, yakni sosialisasi bahaya narkoba dan melakukan rehabilitasi terhadap para pengguna narkoba, untuk itu kita perlu memperkuat organisasi dengan membentuk kepengurusan tingkat kecamatan hingga desa, serta menyusun program-program kedepan,” tutur Gus Afuk sapaan akrabnya.

Penyusunan program kerja kedepan, lanjut Afuk menjelaskan, haruslah perpijak pada situasi dan kondisi di lapangan. Maka dari itu pihaknya secara khusus mengudang Kepala Desa Sidowungu Menganti, Lurah Sukhoiri yang telah berjalan sebelumnya melakukan rehabilitasi pasien pengguna narkoba, bahkan tak sedikit yang sudah sembuh.

“Secara khusus kita undang Kepala Desa Sidowungu Menganti, Lurah Sukhoiri untuk sharring wawasan dan pengalamannya, agar bisa jadi rekomendasi acuan penyusunan program kerja kami untuk kedepan,” jelasnya.

Sebagai informasi, giat pelantikan tersebut juga dihadiri Ketua KDK Komite Da’wah Khusus PW Jawa Timur KH. Imam Mawardi,┬áKetua MUI Kabupaten Gresik KH. Mansur Shodiq, Wakil Bupati Gresik H.Mohammad Qosim, serta jajaran Forkopimda Gresik. Sah