RUPS MUI Gresik Berikan Tali Asih kepada Enam Keluarga Kiyai yang Sudah Almarhum

0
420

Cakrawala Muslim – Yayasan Rumah Umat Peduli Sesama (RUPS) MUI Gresik memberikan tali asih kepada enam keluarga kiyai yang sudah almarhum. Pemberian tali asih kepada ahli waris merupakan penghormatan kepada para almarhum yang telah berjasa merawat atau meramut umat.

Adapun, enam keluarga kiyai yang diberikan tali asih. Antara lain, KH Rifa’i (Ketua komisi fatwa), KH Ainur Rofiq (Ketua MUI Balongpanggang), KH Khamdan, (Ketua MUI Manyar), KH Maghfur Ali (Ketua MUI Cerme), KH Ilman Zuhri (Mantan ketua MUI Ujung pangkah) dan KH Sueb Junaedi (Ketua MUI Benjeng).

Ketua RUPS MUI Gresik Rosyid Rasminto mengatakan, pemberian tali asih kepada keluarga almarhum merupakan kepedualian lembaganya dalam membantu sesama. Apalagi jasa-jasa para almarhum semasa hidup, masih bisa dirasakan hingga sekarang.

“Latar belakang kunjungan kepada Kiai yang terdampak oleh kejadian-kejadian yang tidak terduga, diantaranya ada wabah covid 19 dan penyakit menular lainya yang menyebabkan beliau-beliau wafat,” katanya, Senin (15/5/2023).

Dijelaskan, RUPS sendiri merupakan lembaga yang dibentuk MUI Gresik atas dasar tanggung jawab sosial terhadap sesama. Diantara lain misinya adalah membantu anak yatim dan kaum duafa atau fakir miskin.

“Tujuannya untuk bersilaturrahim dan sedikit ada taliasih untuk memberikan bantuan-bantuan kepada beliau-beliau ahli waris yang dalam keadaan kekurangan,” terangnya.

“Tetap kita jalin ukhuwah silaturrahim kepada beliau-beliau yang telah berjasa merawat atau meramut umat yang ada di kecamatan masing-masing umumnya kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Gresik,” tambahnya.

Ia berharap, kedepannya RUPS tetap sehat secara finansial sehingga program tersebut bisa berkelanjutan. Apalagi RUPS selama didirikan banyak membantu pemerintah dalam hal mengentaskan kemisikinan.

“Semoga para donatur bisa istiqomah menyisihkan rizkinya untuk ikut merinngankan beban umat,” pungkasnya. (aam)