Bakal Adakan Halaqoh Ulama & Umara, MUI Gresik Usung Tema Besar Perdamaian

0
206

CAKRAWALAMUSLIM – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik bakal menggelar hajat besar, yaitu Halaqoh Ulama dan Umara dengan tema besar ‘Hidup Damai Tanpa Saling Menyalahkan’.

Hajat besar yang rencananya bakal di gelar pada Sabtu pagi, 10 Desember 2022 dan bertempat di Aula Masjid Agung Gresik ini, akan mengundang narasumber Guru Besar Uin Surabaya, yaitu Prof. Dr. H. Ahmad Zainul Hamdi, M. Ag, untuk menyampaikan pentingnya menjaga dan merawat perdamaian dalam kehidupan berbangsa.

Selain narasumber, acara besok juga akan mengundang dari unsur umara’, yang dalam hal ini adalah Bupati Gresik dan Ketua DPRD Gresik, serta dari unsur ulama’ yaitu, Ketua PCNU Gresik, Ketua PD. Muhammadiyah Gresik dan Ketua DPD. LDII Gresik, sebagai bentuk ikhtiar untuk merawat perdamaian di Kabupaten Gresik.

Bakal di gelarnya Halaqoh dengan tema besar perdamaian itu bukanlah tanpa alasan, Ketua Umum MUI Gresik KH. M. Mansoer Shoddiq menjelaskan, bahwa Islam agama damai, dan sesama umat Islam bersaudara.

“Pantaskah kita saling menyalahkan dan mengkafirkan atas saudara seiman karena perbedaan ibadah dan pilihan politik?,” tambah Kyai Mansoer.

Kemudian Abdul Munif, M.Ag Panitia Halaqoh, menjelaskan kalau MUI Gresik ingin membangun narasi perdamaian yang kongkrit, terutama di Kabupaten Gresik, yang notabenenya adalah daerah dengan keragaman sosial, budaya serta politik.

“Kita menyatukan para ulama’ dan umara’ di Gresik ini, untuk memperkuat pemahaman bersama, bahwa Islam adalah agama yang membawa pesan damai, meskipun dengan segala perbedaan,” jelas Pria yang juga menjadi sekretaris Umum MUI Gresik ini, Jum’at (9/12/2022).

Ia juga menambahkan, kalau mendekati tahun-tahun politik ini, peran para kyai dan juga pemerintahan sangat penting, untuk meredam segala bentuk potensi konflik di masyarakat.

“Maka jangan sampai, kebhinekaan kita sebagai suatu kesatuan bangsa, dengan mudah di pecah belah, hanya karena perbedaan pilihan politik,” tambahnya.

Sebagai informasi, acara Halaqoh besok juga akan di hadiri oleh para ulama’ di Kabupaten Gresik, yaitu para pengasuh Pondok Pesantren, Pimpinan Ormas Islam, serta para pimpinan MUI Cabang Gresik dan seluruh kecamatan.

Sementara itu, para umara’ yang bakal hadir yaitu para pejabat Forkopimda, Kapolres Gresik, Dandim Gresik, serta seluruh ketua partai politik di Gresik. (is/cm)