90 Anggota PPK Pilkada 2024 di Gresik Resmi Dilantik

0
4
Foto bersama setelah pelantikan PPK se-Kabupaten Gresik untuk Pilkada Serentak 2024. (Sumber : Zainal/cakrawalamuslim).

CAKRAWALA MUSLIM – Setelah melalui proses seleksi tertulis dan wawancara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik secara resmi melantik 90 anggota PPK atau Panitia Pemilihan Kecamatan yang telah terpilih.

Pelantikan dan pengambilan sumpah anggota PPK untuk penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gresik tahun 2024, dilakukan di Hotel Aston Inn Gresik, Kamis (16/5/2024).

Ketua KPU Gresik Akhmad Roni, dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada 90 Anggota PPK se-Kabupaten Gresik, yang telah dilantik.

“Bapak/Ibu PPK yang telah dilantik, harus melaksanakan pakta integritas yang telah diucapkan, agar kepercayaan masyarakat semakin tinggi kepada lembaga KPU,” jelas Roni.

Ia menambahkan, sebagai penyelenggara pemilu, harus bekerja professional, tanggung jawab, dan bekerja untuk kepentingan negara, sesuai dengan amanat peraturan perundang-undangan.

“Apalagi, pelaksanaan Pemilu 2024 kemarin di Kabupaten Gresik cukup sukses, dengan 88% partisipasi pemilih,” tambah Roni.

Tantangan kita, lanjut Roni, dalam Pilkada 2024 adalah mempertahankan prestasi tersebut, atau minimal bisa melebihi capaian dalam Pilkada 2020 lalu, yang partisipasinya mencapai 81%.

Kemudian, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah yang hadir juga menyampaikan selamat kepada para PPK yang telah dilantik.

“Kami Pemerintah Kabupaten Gresik berharap, para PPK ini bisa netral dalam gelaran Pilkada 2024 besok,” jelas Perempuan yang baru saja meraih gelar Doktoral di Unesa Surabaya ini.

Sejalan dengan partisipasi pemilih di Gresik yang tinggi, Bu Min juga menyampaikan bahwa IPM atau Indeks Pembangunan Manusia di Gresik terus meningkat, bahwa menjadi tertinggi kedua di Jawa Timur.

“Kepada para Camat yang juga hadir, untuk melakukan kerjasama dengan sebaik-baiknya dengan para PPK yang baru dilantik ini,” pungkas Bu Min.

Hadir pula dalam pelantikan PPK ini, Komisioner KPU Gresik Makmun, Abdullah Sidiq Notonegoro, Alam Amrullah, dan Kholyatul Mudznibah, serta Anggota Bawaslu Gresik Rozikin. (is/cm)