Dr. Umi Dayati Beri Tips Jika Anak Ternyata Menyalahgunakan Narkoba

0
236
Narasumber Dr. Hj. Umi Dayati saat menyampaikan materi talkshow di Aula MUI Gresik.

CAKRAWALA MUSLIM – Menjadi narasumber dalam talkshow pencegahan narkoba MUI Gresik, Dr. Hj. Umi Dayati, M.Pd dari Universitas Negeri Malang memberi tips kepada para komite sekolah, ketika ternyata ada anak menjadi pengguna narkoba.

“Bila narkoba singgah, keep calm, tenang, dan istighfar. Sebab jika emosi memuncak, kognisi akan ambyar, anak jadi tidak nyaman dan akan menolak berkomunikasi dengan orang tua,” jelasnya, di Aula MUI Gresik, pada Jum’at, (11/8/2023).

Ia menambahkan, bahwa penting untuk tidak langsung marah ke anak, namun mencari latar belakangnya terlebih dahulu, jadi bukan hanya dampak yang diselesaikan, tapi juga akar masalahnya.

“Bisa jadi karena lingkungan sosialnya banyak alkohol atau rokok, takut dijauhi teman, iseng coba-coba, atau bahkan ada riwayat pengguna dalam keluarga, maka sangat penting untuk cari tahu akar masalahnya dulu,” jelasnya.

Kemudian tidak kalah penting juga, untuk mengenali ciri-ciri awal pengguna narkoba, jadi tidak menjadi orang tua yang paranoid.

“Yang bisa di lakukan kemudian adalah memutus jaringan sosial anak sesama pemakai narkoba, melibatkan anak dalam kegiatan positif di lingkungan yang kondusif (tanpa stigma dan diskriminasi), serta konsultasi dengan professional (Sie. Rehabilitasi BNN), agar tidak kembali menjadi pemakai,” tambahnya.

Beliau juga menyampaikan, bahwa orang tua yang bijak adalah guru terbaik bagi putra-putrinya, serta guru yang bijak adalah orang tua terbaik bagi anak didiknya.

“Anak-anak itu bukan tempatnya salah, mungkin kita yang salah memberi contoh. Makanya kordinasi yang baik antara orang tua dan guru sangat penting bagi perkembangan anak,” jelasnya.

Semua berperan dalam membentuk karakter anak, lanjut Dr. Umi, bahwa peran pendidikan sekolah itu 20%, pendidikan lingkungan 20%, serta porsi yang terbesar itu pada pendidikan keluarga, yaitu 60%.

Foto narasumber dengan seluruh peserta talkshow, yang merupakan komite sekolah di Gresik.

Sebagai informasi, Dr. Hj. Umi Dayati, M.Pd sendiri adalah adalah pakar parenting education dai Universitas Negeri Malang (UM), serta masyhur dikenal sebagai motivator parenting tingkat ASEAN.

Selain itu, talkshow juga menghadirkan mantan pengguna narkoba yang kita telah sembuh, yaitu Dewi, Ia bercerita bahwa awal menggunakan Narkoba saat itu karena banyak beban pikiran.

“Meski awalnya keluarga sangat syok karena tahu saya di penjara gara-gara memakai narkoba, namun karena support dari keluarga juga yang membuat saya akhirnya bisa benar-benar sembuh dari narkoba,” unkapnya dengan menyesali perbuatan masa lalunya. (is/cm)