Jadi Pelayan Umat, MUI Gresik Bentuk Pusat Layanan dan Konsultasi Keagamaan

0
154

CAKRAWALA MUSLIM | Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik terus berupaya mendekatkan diri dengan umat melalui banyak program terobosan. Salah satunya membuat unit layanan keagamaan dan kemasyarakatan.

Unit ini diberi nama Pusat Layanan dan Konsultasi Keagamaan (PLKK). unit layanan PLKK dibawah naungan MUI Kabupaten Gresik, membidangi beberapa unit. Diantaranya, Unit Layanan Bimbingan Rohani, Unit Layanan Konseling, Unit Layanan Sertifikasi Halal dan Unit Layanan Keagamaan dan Kemasyarakatan.

Ketua MUI Gresik KH Mansoer Shodiq mengatakan, unit layanan ini bertujuan untuk menjawab probelamatika umat. Baik persoalan, ekonomi, agama, sampai masalah keluarga, akan ditampung dalam unit khusus yang sudah disiapkan oleh MUI Gresik.

“Tujuan utama dalam pembentukan unit ini, adalah memberikan bimbingan keagamaan secara cepat dan akurat atas pertanyaan dan permasalahan umat,” kata KH Mansoer, dalam acara Halal Bihalal dan Konsolidasi Organisasi di Kantor MUI, Sabtu (6/5/2023).

Mekanisme kerja PLKK sendiri, masyarakat dan umat datang secara langsung ke kantor MUI Kabupaten Gresik pada jam kerja untuk menyampaikan permasalahan atau dapat mengirimkan pertanyaan lewat hotline.

“Pertanyaan atau permasalahan akan dijawab secara langsung oleh Tim ULKK. Jika memerlukan pendalaman atas permasalahan yang diajukan, MUI akan merespon paling lambat 1 x 24 jam,” terangnya.

Adapapun Jenis Layanan PLKK sebagai berikut : Layanan keluarga Sakinah, Layanan Ubudiyah dan Mualamat, Layanan Konsultasi Dakwah, Layanan Konsultasi Tatakelola Organisasi Keagamaan dan Layanan Khusus. (sah)