Terbanyak di Gresik, PPS Suci Lantik 49 Pantarlih

0
222
Tahapan Pemilu 2024 : Makmun Komisioner KPU Gresik Devisi Sosialisasi dan SDM saat memberi arahan kepada para Pantarlih desa Suci

CAKRAWALA MUSLIM — Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Suci melantik 49 petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih), untuk Pemilihan Umum 2024 di Balai Desa Suci, Minggu (12/2/2023).

Muncul fakta menarik dari pelantikan tersebut, yaitu Suci adalah desa dengan petugas Pantarlih terbanyak di Gresik, yaitu 49 petugas dari 3667 petugas se kabupaten Gresik yang bekerja diwilayah TPSnya masing-masing.

Dalam arahannya, Komisioner KPU Gresik Divisi Sosialisasi dan SDM Makmun, memberikan support kepada para petugas Pantarlih yang telah di lantik.

“Karena Suci ini Pantarlihnya terbanyak, kami dari KPU Gresik menyempatkan untuk hadir langsung, guna memastikan pekerjaan yang akan dilakukan oleh para petugas berjalan maksimal,” jelas Makmun.

Pria yang berdomisili di Suci ini, juga menyampaikan, bahwa tugas penyelenggara Pemilu, terutama KPU adalah lembaga layanan, bukan lembaga gagah-gagahan, salah satu yang harus di layani dengan maksimal adalah para pemilih.

“Jadi kita betul-betul melayani pemilih, supaya bisa menggunakan hak konstitusionalnya, agar masuk dalam DPT, dan prosesnya adalah melalui coklit yang akan anda semua lakukan,” jelasnya.

Selain itu, Makmun juga menyampaikan angin segara kepada para Pantarlih, jika sebelumnya Pantarlih bekerja selama 1 bulan dengan honor Rp.800.0000, sekarang bekerja 2 bulan dengan honor Rp.1.000.000 tiap bulan.

Siap Coklit! : Para petugas Pantarlih saat membaca Pakta Integritas secara serentak.

Kemudian, Kepala Desa Suci Achmad Rizal juga berpesan kepada para Pantarlih, agar bersemangat dalam melakukan proses coklit.

“Karena jika tidak ada anda semua (baca : petugas Pantarlih), Pemilu tidak akan sukses. Semoga kita bisa membangun negeri ini, dari pemilu yang jujur dan adil,” ungkap Rizal.

Terakhir, Ketua PPS Suci Achmad Hilmi Afandi mengingatkan kepada para Pantarlih, agar dengan teliti dalam menjalankan tahapan Pemilu 2024 ini.

“Pantarlih memang bagian kecil dari penyelenggaraan Pemilu 2024, tapi kesuksesan Pemilu besok, itu bergantung dari hasil kerja dan capaian Anda semua, jadi Anda semua adalah pahlawan demokrasi yang sesungguhnya,” pungkas Hilmi. (is/cm)