Upaya Tingkatkan Kemanfaatan Bagi Umat, RUPS MUI Gresik Gelar Rapat Kerja

0
151
Foto : KH. Abdul Munib Sekretaris Umum MUI Gresik (kiri), KH. Mansoer Shodiq Ketua Umum MUI Gresik, H. Rasyid Rasminto Ketua RUPS, serta Dr. Abd. Chalik Ketua Bidang Dakwah dalam Rapat Kerja RUPS.

CAKRAWALA MUSLIM – Meski baru terbentuk setahun yang lalu, salah satu lembaga bentukan MUI Gresik, yaitu Rumah Umat Peduli Sesama (RUPS), terus berupaya meningkatkan nilai kemanfaatan bagi umat.

Sesuai dengan tujuannya, yaitu dapat menjadi kemanfaatan bagi umat melalui program-program sosial yang di hadirkan. RUPS MUI Gresik kali ini menggelar Rapat Kerja, di Ruang Islamic Centre, Aula Masjid Agung Gresik, Sabtu, (28/1/2023).

Dalam sambutannya, ketua RUPS H. Rosyid Rasminto melaporkan kinerja pengurus RUPS selama setahun terakhir, seperti kegiatan peduli pendidikan, peduli kesehatan, sampai peduli ekonomi umat.

“Alhamdulillah, saat ini kita mengelola rumah wakaf, untuk yatim dan dhuafa, yang ada di Pongangan Manyar, selain itu, juga kita telah melaksanakan berbagai program kerja kita setahun terakhir, seperti santunan kepada dhuafa dan anak yatim,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, kalau ke depan, akan terus melanjutkan kegiatan-kegiatan yang memiliki manfaat bagi umat, serta akan terus menggandeng para donatur, terutama dari perusahaan-perusahaan yang ada di Gresik.

Sementara itu, pembina RUPS sekaligus ketua umum MUI Gresik KH. Mansoer Shodiq mengapresiasi kinerja pengurus RUPS, yang sudah berjalan optimal dalam setahun terakhir.

“Agar program nantinya bisa berjalan dengan maksimal, maka diperlukan kekompakan pengurus, karena ini tugas sosial, maka menjadi tanggung jawab bersama. Saya yakin, RUPS bisa semakin baik kedepannya,” terang Kyai Mansoer.

Dr. Abd. Chalik yang turut hadir dalam rapat kerja itu, juga memberi beberapa arahan strategis, agar RUPS kedepan bisa lebih maksimal dalam menjalankan programnya.

“Merawat organisasi itu, harus dimulai dari visi yang menjadi cita-cita bersama, yang kemudian itu menjadi keyakinan bersama,” jelas Dr. Chalik.

Setelah visi bersamanya ketemu, lanjut Dr. Chalik, adalah merawat kepercayaan umat terhadap apa yang di kerjakan dalam organisasi.

“Ada yang namanya continuous quality assurance (jaminan kualitas secara terus menerus), yaitu kepercayaan yang harus di buktikan kepada umat, sebagai penerima dampak manfaat dari adanya RUPS, serta para donatur yang meng-support kegiatan-kegiatan sosial RUPS,” pungkas Dr. Chalik. (is/cm)