Sarasehan Anti-Narkoba, Bupati: Saya Optimis Gresik Bisa Zero Narkoba

0
94

CAKRAWALA MUSLIM – Semangat pemberantasan dan pencegahan narkoba kembali menggeliat di kabupaten Gresik. Kali ini melalui Sarasehan Anti-Narkoba, yang terselenggara di Aula Masjid Agung Gresik, Selasa (6/12/2022).

Dalam acara yang terselenggara berkat kerjasama Dewan Pendidikan Kab. Gresik, Gannas Annar MUI Gresik, BNN Gresik, Dispendik serta Kemenag Gresik tersebut, hadir Bupati Gresik H. Fandi Achmad Yani atau akrab di sapa Gus Yani, yang sekaligus menjadi keynote speaker dalam sarasehan bertajuk ‘Peran Ormas Pendidikan Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba’.

Pria nomor satu di Gresik itu, mengaku optimis kedepan Gresik bisa menjadi daerah zero narkoba, jika semua pihak terus bersinergi menjaga anak-anak dan pemuda di Gresik dari bahaya narkoba.

“Masa depan Gresik ini tergantung pada apa yang kita tanam hari ini. Apalagi dengan kondisi bonus demografi Indonesia yang tinggi, maka para pemuda Gresik harus terus kita edukasi dan beri keteladanan, agar menjauhi narkoba” jelas Gus Yani.

Ketua Umum MUI Gresik KH. Mansoer Shoddiq, dalam sambutannya juga menegaskan, jika MUI Gresik siap untuk bersinergi dalam perang melawan narkoba.

“Majelis Ulama Indonesia dalam Munas 2015 di Surabaya, membentuk badan otonom yang fokus dalam pencegahan narkoba, yaitu GANAS ANNAR (Gerakan Nasional Anti-Narkoba),” jelas Kyai Mansoer.

Bahkan, lanjut Kyai, jauh sebelum itu, MUI pada tahun 1976 sudah mengeluarkan fatwa haram narkoba. “Maka ayo bersama-sama kita ikhtiar membentengi anak-anak kita dari narkoba,” tambahnya.

Sementara itu, Akbp Kartono ketua BNN Gresik, menyampaikan terimakasih atas perhatian lembaga-lembaga agama dan pendidikan di Gresik, yang begitu konsen terhadap pemberantasan dan pencegahan narkoba.

“Ini sesuai dengan visi besar Presiden Joko Widodo, yaitu menyelamatkan bangsa Indonesia dari bahaya kejahatan narkoba,” pungkasnya.

Turut hadir pula dalam acara tersebut, yaitu Drs. Saiful Kirom Ketua Dewan Pendidikan, S Hariyanto, S.Pd, M.M Kepala Dispendik Gresik, KH. Muhammad Mujib Ketua Baznas Gresik, Aris Sakuriyadi Kepala Lapas Gresik, KH. Ainur Rofiq Wakil Ketua MUI, KH. Abdul Munib Sekretaris MUI Gresik, dan Dr. KH. Ahmad Syifaul Qulub Ketua Ganas Annar MUI Gresik. (isom/cm)