Santri at-Taubah Diajak Praktek Wudhu dengan Segelas Air

0
139

CAKRAWALA MUSLIM – Hari ketiga Festival Keagamaan Pesantren at-Taubah, di Rutan kelas IIB Cerme Gresik, di isi dengan lomba praktek wudhu dan lomba praktek sholat, Rabu (30/11/2022).

Tentu kedua lomba ini penting, sebagai bentuk praktek dalam menjalankan ubudiyah sehari-hari. Apalagi dalam kondisi rumah tahanan dengan segala keterbatasannya.

Gus Alvi juri lomba praktek wudhu, mengajak para santri untuk mempraktekkan tata cara berwudhu dengan segelas air.

“Wudhu dengan segelas Air juga bisa membantu menghemat air dalam Rutan serta mengurangi waktu antrian. Kami ajarkan wudhu segelas air adalah yg utama di Rutan karena keadaan darurat,” jelas Gus Alvi.

Selain itu, beliau juga menekankan praktek tayamum, sebagai antisipasi kondisi darurat pula. “Kalau malam kan para warga binaan ini tidak bisa keluar, jadi tayamum harus bisa di praktekkan,” tambah beliau

Gus Alvi juga menjelaskan, jika sebelum lomba praktek wudhu, peserta diberikan pembinaan terlebih dahulu dan diputarkan vidio tutorial Tayamum & wudhu menggunakan segelas air , melalui screen projector.

Dr. Moh. Rofiq Juri lomba Praktik shalat saat mrngamati dan mendengarkan kalimat yang diucapkan santri Pesantren At-Taubah Rutan Gresik pada kegiatan Festival Keagamaan. 30/11/2022

Selain lomba praktek wudhu, ada juga lomba praktek sholat, yang di pandu oleh Dr. M. Rofiq sebagai juri, dan di ikuti 49 santri.

“Dalam lomba praktek sholat, kami juga menanyakan perihal syarat-syarat dan rukun-rukun sholat, pada para peserta, jadi bukan hanya praktek gerakan sholat dan bacaan pada sholat saja,” jelasnya.

Terakhir, kedua juri yang juga merupaka pembimbing agama di rutan ini, berharap lomba praktek wudhu dan sholat bermanfaat untuk warga binaan.

“Terutama setelah keluar dari rutan tetap semangat menjaga ibadah, terlebih dalam perjalanan atau dalam keadaan darurat,” tutup Gus Alvi. (isom/cm)