Materi Akhlak Tasawuf, Meneladani Akhlak Para Sholihin

0
96

CAKRAWALA MUSLIM – Memasuki hari kedua Pendidikan Kader Ulama (PKU) MUI Gresik, hadir Prof. H. Abdul Kadir Riyadi, M.Sc., PhD. untuk menyampaikan materi Akhlak Tasawuf. (18/11/2022)

Meski disampaikan pada siang hari, di Aula dar an-Nadwah Rushaifah PP. Mambaus Sholihin, namun peserta tetep terlihat antusias mendengarkan pemaparan Prof. Kadir.

Dalam penyampaiannya, Prof. Kadir mengajak peserta pelatihan untuk meneladani akhlak para Sholihin (orang-orang yang saleh), dalam kehidupan sehari-hari.

“Yang perlu kita jadikan contoh era ini dalam berakhlak adalah dengan ‘berakhlaq seperti akhlaqnya para sholihin’, yaitu seperti akhlaknya KH. Masbuhin Faqih, yang dengan penuh ketekunan terus berjuang di jalan Allah dengan merawat santri,” jelas beliau.

Dokumentasi suasana kegiatan Pendidikan Kader Ulama (PKU) MUI Gresik dengan Nara Sumber Prof. Dr. H. Abdul Kadir Riyadi

Selain mengajak untuk meneladani akhlaq para sholihin, beliau juga menjelaskan, bahwa tasawuf adalah ilmu tentang kesalehan individu. “Artinya, mendalami ilmu tasawuf adalah upaya manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt,” tambah Prof Kadir.

Karena perkembangan ilmu tasawuf yang sangat pesat, mengharuskan semakin banyak kitab juga yang perlu menjadi bahan bacaan peserta pelatihan.

“Namun, ada satu kitab yang menjadi rekomendasi saya untuk di pelajari teman-teman peserta, yaitu kitab Minhajul Abidin karya Imam al-Ghozali,” tutup beliau. (ishom/cm)